Revisi Hingga 46x

Revisi Hingga 46x

Cerita ini beneran terjadi. Dan sebagaimana hal itu menyemangati diriku, semoga juga menginspirasi kita semua. Seorang penulis di Singapura baru saja memenangkan kompetisi novel Internasional, mengalahkan 800-an partisipan lainnya.

Sebagaimana biasanya kalau ada yang memenangkan lomba,sayembara atau semacamnya, kita hanya bisa melihat gemerlapnya saja, ucapan selamat yang disambut dengan suka cita, denting gelas-gelas yang bersulang atau hujan confetti yang berwarna-warni.

Padahal yang sebenarnya di balik pencapaian itu, si penulis telah melewati 46 kali penolakan dari berbagai agen dan penerbit. Berulang-ulang ditolak, berkali-kali dia revisi. Tapi dia tidak berhenti dan tidak berputus asa. Dikirim ke berbagai lomba sebelumnya dan kalah, dia revisi lagi. Begitulah. Sehingga hari ini tiba. Hari kemenangan. Kemenangannya mengalahkan rasa putus asa, kemenangannya bersabar dalam perjalanan, kemenangan atas kegigihannya untuk terus memperbaiki naskahnya sehingga semakin mendekati kesempurnaan. Karena toh yang sempurna sesungguhnya tidak akan ada. Tetapi bayangkan sebuah kerajinan tangan yang empat puluh enam kali dipoles. Tentu semakin kempling.

Gimana? Makin bersemangat  untuk merevisi kan?

Semoga bermanfaat^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Adbox

@diannafi