Telusur Jejak Kraton Demak

 Telusur Jejak Kraton Demak

dian nafi

Terinspirasi webinar Telusur Jejak Keraton Demak, writravelicious berjalan menyusuri kembali kompleks pendopo kabupaten Demak. Konon sebagian versi menyatakan kemungkinan kraton demak juga bisa ada di lokasi pendopo kabupaten yang sekarang. Meski versi terbanyak mengatakan kraton Demak mungkin ada di sisi selatan masjid agung Demak. 

Writravelicious berjalan melalui  lorong-lorong yang ada di sekitaran kawasan pendopo, melewati selasar dengan tiang-tiang kayunya yang bercat hijau. Juga duduk terpekur di pojokan rumah pendopo depan, pendopo dalam dan pendopo belakang.  

dian nafi

Kawasan pendopo kabupaten kini terasa semakin dekat dan akrab. 

Dulu semasa  kecil, seringkali aku bersama teman-teman tampil memainkan karawitan maupun kulintang di pendopo kabupaten. Juga mengikuti berbagai lomba maupun pelatihan. Saat itu pendopo terasa luas dan sangat besar, very huge, mungkin karena kami masih kecil. Dan juga kesannya seram serta angker. 


dian nafi

Baru belakangan ini pendopo kabupaten, termasuk pendopo dalam dan pendopo belakangnya, terasa lebih dekat dan akrab. Humanis dan welcoming. Terutama ketika akhirnya aku berkesempatan mewawancarai para penghuninya dalam rangka penulisan memoir dan biografi bupati. Teman-teman bisa baca memoirnya  di sini, dan biografinya di sini. 

Ramadhan tahun  ini aku kembali  datang ke pendopo untuk menghadiri pengajian  bersama para ibu-obu dharma wanita, PKK dan Gabungan Organisasi Wanita (GOW). 






0 Komentar