Yang Manis Yang Lezat

Yang Manis Yang Lezat


Eh, aku sudah cerita atau belum ya kalau aku punya banyak banget gula pasir di rumah. Nah, daripada lama-lama rusak karena tidak terpakai, gak ada salahnya deh kalau diolah jadi kue buat berbuka ataupun lebaran. Iya kan?

Resep Bolu Karamel Panggang Sarang Semut Enak dan Lembut - Bolu Karamel Panggang Sarang Semut banyak kita jumpai di pasar-pasar tradisional lho. Sedari dulu  sampai sekarang, ciri khas tradisional bolu karamelnya masih benar-benar dipertahankan.

Bahkan Bolu Karamel ini sudah terkenal sampai malaysia dan singapura. Kenapa disebutnya Sarang Semut? Yah, karena dari bentuknya saja sudah mirip dengan sarang semut
Karamel sebenarnya sejenis gula-gula yang berupa cairan lengket berwarna kecoklatan, yang merupakan hasil dari proses karamelisasi. Karamel dalam kehidupan sehari-hari, biasa digunakan sebagai bahan adonan permen, bahan isian coklat, perisa dalam puding, hidangan custard, topping es krim, dan sebagai perisa dalam makanan penutup lainnya.


Karamel sendiri terbentuk dengan cara memanaskan gula pada suhu panas 170 derajat Celcius. Ketika gula tersebut mendekati suhu tertingginya dan meleleh, molekul di dalamnya memecah dan membentuk cairan lengket yang berwarna kecoklatan.

Kalian pastinya sudah pernah memakan rasa karamel ini, karena biasanya karamel ini digunakan ke dalam permen coklat, kue, dll. Saat ini banyak yang menjual pewarna karamel di toko-toko bahan kue.

Pewarna karamel nya merupakan cairan gelap tanpa gula, yang terkonsentrasi dan hasilnya hampir mendekati proses karamelisasi total. Biasanya pewarna karamel digunakan untuk kebutuhan komersial dan industrial seperti untuk pewarna makanan dan minuman.(sumber: wikipedia)


Bahan yang diperlukan dalam membuat Resep Bolu Karamel Panggang Sarang Semut Paling Enak

  • 180 gram tepung terigu (Ayak terlebih dahulu)
  • 50 gram tepung maizena
  • 425 gram gula pasir
  • 150 gram margarin
  • 2 sdt soda kue

  • 200 ml susu kental manis
  • 8 butir telur ayam
  • 450 ml air panas

Cara Membuat Kue Bolu Karamel Panggang Sarang Semut Sederhana

  1. Masukkan gula pasir di atas wajan, lalu masak di atas api kecil hingga berwarna kecoklatan. Tuangkan air panas ke dalamnya dan biarkan mendidih hingga larut. Kemudian angkat dan dinginkan sejenak.
  2. Kocok margarin beserta susu kental manis sampai putih dengan menggunakan mixer. Masukkan telur satu per satu, sambil tetap dikocok hingga mengembang. Matikan mixer.
  3. Masukkan terigu yang telah diayak dan soda kue. Lalu tambahkan juga tepung maizena sedikit demi sedikit sambil diaduk rata.
  4. Tambahkan karamel ke dalam adonan sedikit demi sedikit, sambil diaduk hingga berubah warna.
  5. Setelah itu tuangkan adonan ke dalam loyang tulban yang sebelumnya telah dioles margarin dan ditaburi sedikit tepung.
  6. Masukkan ke dalam oven dan Panggang dengan suhu 180 derajat celsius selama kurang lebih 40 menit atau sampai matang tergantung tingkat kematangannya Resep Bolu Karamel Panggang Sarang Semut Lembut
Setelah matang, angkat dan dinginkan sejenak. Kemudian potong-potong dan sajikan di menu hidangan Anda :-)


Catatan:
Loyang tulban adalah loyang cincin atau lubang ditengah cincin sehingga membentuk adonan memutar seperti cincin. biasanya bentuknya bundar dan beraneka ragam ukuran diameternya.


Tips Agar Karamel Halus Dan Tidak Gosong

    Memasak karamel harus hati-hati agar hasil akhirnya tidak menjadi gosong dan berubah rasanya. Sebelum memasak karamel, ada baiknya kita memperhatikan tips agar karamel tidak menjadi gosong dibawah ini:


    • Gunakan gula putih yang bersih. Campuran selain gula akan gosong lebih dulu sebelum gulanya meleleh. Ini akan menyebabkan karamel Anda terasa pahit dan teksturnya tidak halus.
    • Jangan diaduk meskipun sudah cukup meleleh, ada kemungkinan kristal gula masih ada di sana. Jika diaduk, Anda justru akan membuat karamel Anda mengkristal. Goyang-goyangkan panci sebagai ganti mengaduk.
    • Jangan ragu saat mengangkatnya dari kompor karena saat karamelnya telah mencair, suhu karamel menjadi sangat tinggi dan cepat sekali menjadi gosong jika terus dipanaskan. Oleh karena itu, begitu gula mencair seluruhnya, angkatlah karamel tersebut dari api. Terus goyangkan panci saat tidak dipanaskan agar karamel tidak gosong. Anda akan mencium bau lembut karamel dengan warna yang tetap indah keemasan.
    • Setelah diaduk, masukkan air panas atau beberapa bongkah mentega dan goyangkan lagi hingga tercampur seluruhnya. Kemudian panaskan lagi sejenak untuk meratakan karamel. Pastikan air atau mentega yang dimasukkan juga sudah bebas dari kotoran atau cemaran lainnya agar hasil karamel Anda tetap bersih.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Adbox

    @diannafi