Beberapa Perawatan Motor yang Wajib Dilakukan


Beberapa Perawatan Motor yang Wajib Dilakukan



Merawat motor kesayangan dengan sepenuh hati perlu dilakukan demi menjaga kualitas performa kendaraan. Selain itu, merawat motor juga perlu dilakukan agar keamanan dan kenyamanan berkendara senantiasa terjaga. Pasalnya, kondisi motor sangat menentukan situasi dan suasana berkendara sehingga serangkaian perawatan motor perlu dijalani secara rutin dan berkala. Kualitas performa kendaraan, penampilan dan daya tahan kendaraan akan semakin tertunjang bila perawatan dilakukan dengan optimal. Berikut ini aneka ragam perawatan yang wajib Anda lakukan untuk merawat dan menjaga motor kesayangan agar tetap tampil prima dan kualitasnya terjaga, yaitu:

  1. Bersihkan motor secara rutin.
Membersihkan motor secara rutin dilakukan supaya motor selalu bersih dan enak dilihat. Selain itu, membersihkan motor secara rutin juga harus dilakukan untuk menghindari adanya tumpukan kotoran mengering di beberapa bagian kendaraan yang berpotensi mengganggu kenyamanan berkendara. Jika dibiarkan begitu saja, kotoran yang menempel pada motor akan merusak warna dan semakin sulit dibersihkan. Oleh karena itu, gunakanlah pembersih motor yang mempunyai formula khusus untuk mengangkat noda dan kotoran secara optimal sekaligus memberikan kilap yang melindungi lapisan body motor Anda.

  1. Bersihkan caliper rem.
Membersihkan caliper rem seringkali dianggap sepele oleh sebagian orang. Padahal, kegiatan perawatan tersebut sangatlah penting demi keamanan dan kenyamanan berkendara. Pemakaian rem yang rutin dan berkepanjangan berpotensi meninggalkan kotoran berupa pasir atau debu pada rem motor Anda. Jika dibiarkan, tentu saja fungsi rem akan terganggu dan berkurang. Oleh karena itu, bersihkanlah caliper rem dengan baik dan ganti minyak rem secara berkala untuk menjaga kinerja kendaraan pada saat pengereman.

  1. Ganti oli secara berkala.
Selain mengganti minyak rem, mengganti oli juga sangatlah penting dan wajib dilakukan secara berkala. Sesuaikanlah jenis oli yang digunakan berdasarkan kebutuhan kendaraan. Pilih oli dengan merk berkualitas dan memiliki teknologi yang bisa diandalkan. Tujuannya agar performa kendaraan semakin meningkat. Selain itu, peningkatan akselerasi motor kesayangan Anda pun akan terus bertambah apabila oli mesin selalu diganti secara berkala dan berbagai macam perawatan motor selalu diterapkan.

  1. Periksa tekanan ban dan panaskan motor sebelum berkendara.
Memeriksa tekanan ban dan memanaskan mesin motor menjadi salah satu metode perawatan kendaraan roda dua yang begitu penting dan wajib dilakukan setiap hari sebelum berkendara. Tekanan ban yang stabil dan normal dapat membantu pengendalian sepeda motor semakin terjaga. Sedangkan tekanan ban yang kurang memadai akan mengganggu keamanan dan kenyamanan berkendara. Sementara itu, memanaskan motor perlu dilakukan agar kondisi mesin menjadi lebih siap ketika menempuh perjalanan.

  1. Rawat rantai dengan benar.
Melakukan perawatan pada rantai motor bisa dilakukan dengan menyetel kekencangan rantai dan memberikannya pelumas. Menyetel posisi atau kekencangan rantai perlu dilakukan untuk memperlancar perjalanan. Pastikan posisinya tidak kendur atau terlalu kencang demi keamanan berkendara. Sedangkan memberi pelumas rantai dilakukan untuk mempertahankan kilap dan menjaga gesekan agar tetap nyaman.

Selain melakukan aneka macam perawatan motor  di atas, jangan lupa untuk perhatikan kembali posisi dan kondisi motor sebelum digunakan. Menyesuaikan kondisi motor dengan kebutuhan pengendara dilakukan untuk memberi rasa aman dan nyaman ketika di perjalanan. Atur posisi duduk, pijakan kaki, setang, kaca spion dan lain sebagainya berdasarkan kebutuhan Anda sebagai suatu bentuk perawatan yang amat penting untuk menunjang kenyamanan selama berkendara. Dengan melakukan serangkaian perawatan di atas dan memperhatikan kondisi motor berdasarkan kebutuhan berkendara, tentu saja berbagai manfaat dan keuntungan bisa didapatkan.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Adbox

@diannafi