Miss Linda Sahabat Anak-Anak

 Oktober yang lalu aku berkesempatan  pergi ke Ubud untuk mengikuti UWRF. Kuajak kedua anakku turut serta karena aku tidak tega meninggalkan mereka selama seminggu di rumah. Selain khawatir merepotkan ibuku juga karena beliau masih berduka sebab meninggalnya keponakanku, cucu beliau. 
Alhamdulillah di UWRF sudah disediakan program untuk anak-anak juga. Jadi selagi aku asyik mengikuti berbagai panel dan even, anak-anak bisa beraktifitas sendiri dan menambah wawasan serta pengalaman.
So, pagi itu anak-anak aku antar ke Campuhan College. Di sana mereka kuperkenalkan dengan Miss Linda yang menjadi volunteer dan komandan dalam Children and Youth Programme ini bareng mas Pandu yang asli Bali.

“Umi pergi dulu ke panel yang ada di gedung-gedung seberang sini ya. Nanti setelah selesai, umi jemput kalian,” pamitku.

“Oke,” mereka dengan wajah ceria siap bermain sambil belajar serta dapat pengalaman baru kali ini. Melihat ada seorang anak laki-laki bermata sipit yang kelihatannya dari Jepang, mereka senang. Ternyata selain anak-anak bule itu ada juga anak lain.
Sementara itu aku ikut sesi dengan tema “Voices of south east Asia”
Sesi pertama hari itu dengan tema The mermaid and her dolphin protectors.
Aku dan anak-anak bertemu usai sesi untuk sama-sama makan lontong tahu dekat Campuhan College.
“Wah banyak orang  bule ya,” komentar anakku sembari menyantap lontong tahu.
“Iya. Memang ini ajang Internasional,” kuterangkan padanya dari mana saja orang-orang ini.
Bertemu dengan berbagai macam orang dari banyak Negara mengajarkan anak-anak bahwa kita semua ini sama. Manusia di dunia yang sama. Rasa-rasanya aku seperti Pramoedya Ananta Tour yang memberi pelajaran humanity atau kemanusiaan pada mereka berdua.



 Miss Linda baik hati dan ramah. Meski pada awalnya anak-anak malu karena kurang bisa berbahasa Inggris, tapi Miss Linda sangat membantu dan mendorong mereka melakukan banyak aktifitas selama beberapa hari itu. Ada banyak even khusus anak-anak, Miss Linda selalu ada bersama mereka. Tidak ada kecanggungan sama sekali meski beragam sekali pesertanya, dari berbagai negara dan latar belakang. 
Lama kelamaan anak-anak terbiasa dan akrab dengan Miss Linda seperti juga yang lainnya. Miss Linda tak henti-hentinya tersenyum dan di  matanya tersirat kebanggaan serta kebahagiaan karena anak-anak jadi belajar tentang bagaimana menjaga lingkungan, bagaimana diet plastik, bagaimana memanfaatkan barang bekas, bagaimana bercerita dan bagaimana berinteraksi dengan teman lainnya.
Alhamdulillah akhirnya setelah beberapa hari  UWRF berakhir.  Senangnya berada di Ubud, menikmati suasana ramah, sawah, padi dan bersama orang-orang hebat yang humble, yang semakin berisi justru semakin menunduk. What's a great lesson, great week. 

Di hari terakhir itu, karena kemungkinan tidak akan bertemu Mrs Linda lagi, volunteer dalam Children Programme, kami menyempatkan untuk berbincang banyak sekali lagi dan say goodbye to Mrs. Linda. Dan tentu saja berpose bersama lagi  :)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Adbox

@diannafi