Berbagi Untuk Bahagia

Novel keren lagi nih,  pemenang penghargaan internasional.  Setidaknya tiga award dia raih.  
Wow keren ya. 

Judulnya Weeping under this same moon
penulisnya Jana Laiz
penerbitnya Elex Media.
penerjemahnya Utti Setiawati. 

Novel kemanusiaan ini diangkat dari kisah nyata penulisnya. Jadi tahu kan kenapa novel ini begitu berjiwa dan menyentuh banyak jiwa di seluruh dunia? 
Berkisah tentang Mei, gadis yang terusir dari negerinya sendiri-Vietnam. Terpaksa hanya bisa membawa kedua adik kecilnya. Sementara tiga saudara lain dan orang tuanya masih berada di tanah kelahiran mereka. Terombang-ambing di atas kapal kecil dengan ratusan penumpang. Sempat ditolak di Malaysia, dan akhirnya mendarat di Amerika. 

Di sisi lain, ada Hannah, gadis Yahudi Amerika, yang menderita anoreksia dan meski berkecukupan tidak cukup bahagia. terutama karena dia tidak nyaman di sekolah SMAnya yang sekarang. Saat dia melihat manusia perahu (Mei cs) ini di berita TV, dia yang memang suka sekali jadi volunteer tergerak melakukan sesuatu. 

Jadilah pertemuan mereka terjadi di bagian 3. setelah masing-masing bercerita dengan POV 1, di bagian 1 (Mei) dan 2 (Hannah). *Jadi ingat gaya yang sama yang digunakan Winna Effendi dalam Ai. 

Selain temanya yang bagus, unik, menarik, gaya penceritaannya juga mengalir cerdas. 
Mei yang meski pedih terus bertahan dan mengajarkan pembaca bagaimana untuk tetap bertahan dan punya harapan. 
Hannah yang eksentrik, jadi dirinya sendiri meski kadang dianggap beda, mengajarkan pembaca bagaimana untuk menemukan jati dirinya sendiri. Novel ini utamanya ingin menunjukkan bahwa dia yang  berbagi, menjadi sukarelawan, volunteer, sesungguhnya membuka pintu kebahagiaan. 

Woaah...kalau baca novel yang bagus begini, rasanya pingin banget bisa bikinnya.....
Ayo, semangat yuk, nulis terus yukk :)


2 komentar:

  1. Thanks for your comments. Love your inspiring style in your blog :)

    Invite you to like www.facebook.com/SingingThumbelina

    BalasHapus

Adbox

@diannafi