Memilih Suplemen Makanan Yang Tepat.

Memilih Suplemen Makanan Yang Tepat.
Orang yang memiliki aktivitas tinggi kadang membutuhkan suplemen makanan. Padahal penggunaan suplemen secara berkelanjutan dalam jangka waktu lama  dapat mengakibatkan efek samping. KArenanya penting untuk bisa  memilih suplemen makanan yang tepat. 

Tubuh manusia membutuhkan sekitar enam jenis vitamin pokok agar bisa tumbuh dan berkembang dengan baik, yaitu  Vitamin A, B, C, D, E, dan K. Namun tubuh manusia hanya dapat memproduksi Vitamin D dan K dalam bentuk provitamin yang tidak aktif. Sedangkan untuk jenis vitamin lainnya bisa didapatkan dengan mengkonsumsi makanan seperti buah-buahan dan sayuran serta suplemen makanan. Tingginya aktivitas rutin harian seseorang terkadang membuat dirinya lupa untuk mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran, disinilah adanya suplemen makanan memberikan sebuah solusi. Selain bentuknya ringkas (bisa dalam bentuk tablet, kapsul, atau cairan), biasanya dalam satu kemasanmakanan kesehatan sudah mencakup beberapa jenis vitamin yang ingin dikonsumsi.

Produk Suplemen Makanan Aman

Vitamin C Paling Dibutuhkan Tubuh

Dari sekian banyak jenis vitamin yang dibutuhkan, Vitamin C memiliki fungsi dominan dalam proses pertumbuhan dan pengembanan tubuh setiap harinya. Beberapa fungsi Vitamin C  antara lain:
  • Membantu produksi zat kolagen yang diperlukan untuk proses pembentukan tulang, gigi, dan jaringan tubuh lain.
  • Membantu proses penyerapan zat besi dari makanan nabati, mampu mencegah kerusakan sel, serta bisa mengurangi resiko kanker dan timbulnya penyakit kronis.
  • Memberikan efek kekebalan tubuh sehingga tidak mudah sakit (flu, batuk, dan demam)
  • Bermanfaat secara khusus untuk kesehatan kulit dan rambut.
Tubuh manusia memerlukan vitamin C sesuai kebutuhan setiap harinya, jika masih ada sisa maka tubuh akan mengeluarkannya secara otomatis melalui urine (air seni). Ini menjadi alasan kenapa kita harus mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran yang mengandung vitamin C setiap harinya. Jika asupan dari makanan masih dirasa kurang, maka suplemen makanan dapat menjadi pelengkapnya.

Komposisi Suplemen Makanan Harus Tepat

Karena bersifat sebagai pelengkap, maka penggunaan suplemen makanan juga tidak boleh berlebihan. Ada beberapa faktor yang bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan dalam mengkonsumsi suplemen makanan, antara lain:
1. Usia
Ada empat kategori usia, yaitu: Anak-Anak, Remaja, Dewasa, dan Lanjut Usia. Masing-masing kategori usia tentu saja akan berpengaruh pada batas komposisi suplemen makanan yang boleh dikonsumsi.
2. Pola Makan
Pola makan bisa dibagi dua, yaitu: Pola Makan Sehat dan Pola Makan Kurang Sehat. Bagi seseorang yang sering mengkonsumsi makanan sehat dan alami seperti buah-buahan segar dan lalapan sayuran kemungkinan besar kebutuhan asupan vitamin dalam tubuhnya sudah cukup terpenuhi. Tidak demikian dengan seseorang yang jarang makan sayuran dan buah-buahan, agar tubuhnya selalu terjaga maka disarankan untuk mengkonsumsi suplemen makanan.
3. Sejarah Penyakit
Meski tidak mengandung unsur kimia, namun latar belakang penyakit yang pernah diidap seseorang haruslah menjadi pertimbangan. Oleh karena itu, sebelum mengkonsumsi suplemen makanan disarankan untuk melakukan konsultasi kesehatan terhadap dokter. Hal ini dilakukan untuk memastikan apakah suplemen makanan tersebut aman untuk dikonsumsi.
Produk Suplemen Makanan Aman Sea Quill

Memilih Suplemen Makanan yang Tepat

Sebelum memutuskan untuk memilih suplemen makanan yang ingin dikonsumsi, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, antara lain:
  • Lihat siapa produsen suplemen makanan tersebut. Biasanya produsen yang sudah cukup ternama sudah tidak perlu diragukan lagi kualitas produknya.
  • Lihat kelengkapan legalitas produknya apakah sudah mengantongi ijin dari Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) dan Sertifikasi Halal dari MUI.
  • Lihat tata cara penggunaan dan keterangan lengkap mengenai komposisi suplemen makanan tersebut.
  • Cari referensi tambahan mengenai produk suplemen makanan yang akan dikonsumsi melalui internet.
  • Perhatikan cara pemakaian suplemen makanan tersebut.

Sumber Referensi:
  • http://id.wikipedia.org/wiki/Vitamin
  • http://brighterlife.co.id/2014/08/29/jangan-sembarang-konsumsi-suplemen-makanan/
  • http://intisari-online.com/read/pemakaian-suplemen-makanan-yang-aman

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Adbox

@diannafi