Jenis-jenis Mata Bor Besi



Jenis-jenis Mata Bor Besi



Mata bor besi  adalah bagian utama dari mesin bor yang memiliki fungsi untuk membuat lubang pada objek suatu pekerjaan. Mata bor ini bisa digunakan untuk membuat lubang apa saja seperti lubang pada bahan yang terbuat dari kayu, alumunium, plastik, kuningan dan lain sebagainya. Bagi seseorang yang memiliki profesi kerja pada bidang pembangunan khususnya pengeboran, maka ia sudah tidak akan asing lagi terhadap mesin bor ini. Mata bor pada mesin bor umumnya memiliki ukuran dan bentuk yang berbeda-beda, serta memiliki fungsi yang berbeda-beda pula. Ada banyak jenis mata bor yang biasa ditemukan di pasaran.

Berikut beberapa jenis mata bor besi yang ada di pasaran adalah:

1. Twist bits,
Jenis utama mata bor yang sering dan banyak digunakan oleh orang-orang adalah twist bits. Cara penggunaan mata bor ini bisa dilakukan dengan tangan atau mesin bor duduk. Biasanya digunakan untuk mengebor kayu, logam, plastik dan lainnya.

2. Masonry bits,
Merupakan jenis mata bor yang ujungnya memiliki mata pisau, yang biasanya digunakan untuk membuat lubang pada batu, beton ataupun tembok. Jenis mata bor ini memiliki ukuran yang berbeda-beda, dengan penggunaan yang selain berputar, juga memukul.

3. Spur bits,
Memiliki ujung mata bor yang runcing, yang biasanya digunakan untuk membuat lubang pada kayu. Ujung yang runcing ini berfungsi untuk menjaga mata bor agar tetap lurus sehingga menghasilkan lubang yang presisi.

4. Countersink bits,
Merupakan jenis bor yang digunakan untuk melubangi kayu untuk permukaan sekrup supaya permukaan sama rata.

5. Forster bits,
Jenis mata bor yang penggunaannya menggunakan mesin bor duduk agar lebih stabil, dan jika digunakan dengan tangan maka tidak menghasilkan lubang yang maksimal. Umumnya jenis mata bor ini digunakan untuk membuat lubang pada engsel.

6. Auger bit,
Auger bit merupakan jenis mata bor yang memiliki ukuran diameter lebih besar dari ukuran mata bor kayu standar. Jenis mata bor ini biasanya digunakan untuk membuat lubang pada kayu atau lain. Umumnya jenis bor ini digunakan untuk mesin yang memiliki putaran rendah.

7. Mata bor metal standar,
Merupakan jenis mata bor yang biasanya digunakan untuk mengebor kuningan, aklirik, plat besi, dan alumunium. Jenis mata bor ini memiliki dua macam yaitu jenis HSS dan jenis HSS-Co.

8. Flat bit,
Salah satu jenis mata bor yang memiliki bentuk datar, namun bisa digunakan untuk mengebor semua jenis kayu. Cara menggunakan mata bor jenis ini hanya dengan cara manual menggunakan tangan.

9. Hinge boring bit,
Jenis mata bor yang biasanya digunakan untuk mengebor kayu atau material lunak. Umumnya jenis mata bor ini digunakan untuk melubangi kayu dengan diameter yang besar, yang mana tidak ada lagi diameter pada mata bor standar.

10. Core drill bit,
Biasanya jenis mata bor ini digunakan untuk mengebor beton, granit, marmer, dinding serta jenis batuan lainnya dengan diameter tertentu yang lebih besar. 

Pada umumnya jenis mata bor yang sering kita temui adalah mata bor besi, mata bor kayu, mata bor beton, serta mata bor multipurpose. Semua jenis mata bor seperti ini banyak dan mudah ditemukan di pasaran khususnya pada toko peralatan pembangunan. Dengan menggunakan mata bor sebagai alat untuk melubangi benda maka, hasil lubang akan berkualitas baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Adbox

@diannafi