Proses Kreatif Penulisan #T

Proses Kreatif Penulisan #T

Melengkapi bagan besar yang pernah kubuat beberapa tahun yang lalu, dan satu persatu cabang serta ranting dari pohon besar itu mewujud dan alhamdulillah menemukan rumah alias penerbitnya, inilah novel #T yang juga menjadi bagian/cabang/ranting dari bagan/pohon besar itu.

(novel #B dan #MM di P, novel #G di KL, novel #HPG di BP, novel  #MHMH di TS,  #FFR di VM)

Berkisah tentang  kakak beradik dalam pesantren yang saling bersaing dan akhirnya saling bermusuhan dengan diam-diam maupun terang-terangan. Melibatkan banyak pihak dan beberapa keluarga yang harusnya bersinergi tetapi malah berseberangan.

Sementara sebenarnya mereka memiliki cita-cita dan tujuan-tujuan yang bisa jadi kandas karena ulah dan sikap mereka  sendiri. Bagaimanakah mereka melewati persaingan dan permusuhan itu? Apa latar belakang 'perang dingin' ini? Apa yang mereka pertaruhkan jika bertahan, jika mengalah? Siapa dan apa serta ke manakah kisah ini menemukan muaranya?

Aku banyak memperhatikan dan mengamati yang terjadi di sekitarku. Memasang telinga dan berusaha tajam mendengarkan konon-konon dan sas sus yang tersebar dan memenuhi udara di sekelilingku. lalu sisanya yang tidak kuketahui, kugali sendiri dengan imajinasi yang menjadikan ini merupa fiksi.

Pada hakikatnya akhirnya apa yang kita tulis sebenarnya adalah autokritik pada diri kita sendiri, pada orang-orang yang kita kasihi di sekitar kita, pada kehidupan yang terus bergerak dan berputar.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Adbox

@diannafi