3 Musketeers Go To TMII

Berlibur bareng anak-anak adalah momen yang sangat menyenangkan meski juga merepotkan. Sehingga setiap kali ada kesempatan bepergian yang memungkinkan untuk membawa mereka turut serta, pasti aku senang sekali. Seperti kemarin waktu ke Batam Singapura, mereka sebenarnya ingin ikut juga, sayangnya waktu itu mereka belum punya paspor. Semoga di lain kesempatan, bepergian keluar negeri bersama anak-anak bisa diwujudkan. Aamiin.

Perjalanan dan liburan yang sudah kami lakukan bersama-sama bisa dibaca di beberapa postingan dalam blog ini.  Beberapa di antaranya adalah perjalanan selama seminggu di Bali. Bisa dibaca dalam serial postingan 3 Musketeers Go To Ubud. Lalu perjalanan seminggu dari kota ke kota di Jawa Timur, dari Banyuwangi-Surabaya-Mojokerto-Tuban. (3 Musketeers Go To Jawa Timur)

Liburan bareng anak-anak yang cukup sering adalah ke Jakarta. Setidaknya setahun sekali ada acara liburan ke Jakartanya. Selain karena cenderung mudah transportasinya, juga karena ada banyak saudara tinggal di Jakarta dan sekitarnya. (3 Musketeers Go To Jakarta)

Nah, yang kemarin ini kami liburan lagi ke Jakarta. Sekaligus menghadiri acara kondangan sepupu yang dapat orang TMII. Jadi dari sejak hari Kamis sampai hari Minggu itu kami ada di hotel desa wisata TMII dan tentu saja jalan-jalan sampai puas di dalam kawasan Taman Mini Indonesia Indah.

Sebuah kendaraan wisata milik TMII mengantar kami semua berkeliling. Senang sekali dan capek pokoknya. Hehe. Berhubung luas banget kan tempatnya. Semua wahana kami coba dan naiki. Kecuali karena sangat excited, juga karena gratis. Ahay.

Karena saking banyaknya saudara yang datang dari berbagai daerah, jadi rombongan dibagi dalam tiga tempat penginapan. Sebagian di hotel utama, sebagian lagi di dormitory dipisah antara yang cowok dan cewek.

Sore itu aku janjian dengan teman untuk ketemuan di Tamini Square. Sehingga kutinggal kedua anakku  dengan sepupu-sepupu mereka di hotel utama. Rupanya menjelang maghrib, anak perempuanku pergi dari hotel utama menuju dormitory yang untuk cewek guna mencariku. Dia lupa kalau tadi aku sudah pamitan pergi ke Tamini Square. Menerjang hujan lebat tanpa payung, begitu ceritanya, dia sampai di dormitory yang jaraknya tiga ratusan meter dari hotel utama. Dan tidak berhasil menemuiku karena aku memang sedang keluar kawasan TMII. Dia balik lagi ke hotel utama dan menerjang hujan lebat lagi. Astaghfirullah.

Pas aku balik dari Tamini Square, barulah dia bercerita. Dan bisa ditebak, malam itu badannya panas dan mulai batuk-batuk. Haduh...rasanya sedih banget. Pas kami semua jalan untuk keluar makan bareng-bareng di Bakso Lapangan Tembak dekat TMII, dia kelihatan lemas dan nglempuruk gitu. Duuuh....

emaknya tetap selfie selfie, padahal anaknya nglempuruk demam :D

Pulang dari makan-makan, aku segera kerokin badannya sebagai pertolongan pertama sebagaimana yang ibuku selalu ajarkan secara turun temurun.

Untungnya bulikku yang jadi ketua panitia acara pernikahan sekaligus liburan keluarga ini membawa lengkap obat-obatan yang dibutuhkan. So aku pakai obat yang dipercaya banyak orang. Karena  Tempra Cepat Menurunkan Demam , jadi aku minumkan supaya anakku bisa fit dan ceria kembali untuk kegiatan esok harinya.

Alhamdulillah, keesokan harinya anakku segar dan bisa kembali jalan-jalan menikmati liburan ini dengan ceria. Kami mengunjungi taman burung yang sangat luas.
anakku sudah ceria lagi
Kami semua, bukan saja anak-anak, juga belajar banyak hal di museum komodo,

Dan meski pada liburan sebelumnya sudah mengunjungi tempat ini, tetap saja liburan kali ini kami kembali menikmati keagungan ciptaanNya di wahana air,  ikan dan serangga. Anakku sudah tertawa-tawa riang bersama sepupu-sepupunya.

Di penghujung hari itu, kami juga menyempatkan diri untuk menonton film edukatif yang menghibur di Keong Emas. Kalau liburan setahun lalu, film yang diputar tentang dinosaurus, kali ini tentang laut dan habitatnya di Indonesia timur.

Senang sekali anak-anak bisa menikmati liburannya dengan sehat dan ceria.  Demikian juga saat perhelatan resepsi di Gedung Sasono Utomo, kami semua benar-benar menikmati upacara dan rangkaian acaranya yang melestarikan tradisi dan budaya Jawa. Liburan kali ini sungguh berkesan dan menghangatkan hati.

Nggak sabar untuk bisa liburan lagi bareng anak-anak di musim liburan berikutnya :)