Lebaran Pasukan Komplit Dan Pesta Henna



Lebaran Pasukan Komplit Dan Pesta Henna









Lebaran tahun ini terasa sangat istimewa karena adikku dan keluarganya yang tinggal berpindah-pindah dari satu kota ke kota lain di Sumatra selama ini akhirnya kembali ke Jawa. Sehingga tahun ini kami bisa berlebaran dengan pasukan komplit. Alhamdulillah.



Makin istimewa karena keluarga besar dari garis ayah di Demak maupun dari garis Ibu di Solo semuanya bisa merayakan lebaran dalam keadaan sehat dan bersuka cita. Apalagi ada saudara sepupu yang akan melangsungkan pernikahan beberapa minggu lagi. Yach meskipun ada juga yang gagal nikah tahun ini, namun kami semua melewatinya dengan hati yang lapang, ikhlas dan berusaha mengambil hikmah.







Untuk menutupi kesedihan, menghadirkan keceriaan dan melipur hati yang gundah gulana, kali ini kami berpesta hennaaaaa....



Tahu kan henna?

Daun pacar atau Inai dan bahkan ada yang menyebutnya dengan Henna, adalah tumbuhan yang biasa digunakan kaum wanita untuk menghias kuku. Sudah sejak jaman dulu, wanita di Semenanjung Medeterania, Melayu dan juga Indonesia menggunakan daun tersebut untuk mewarnai kuku agar terlihat cantik. Selain untuk mewarnai tangan dan kaki, daun inai juga berguna untuk mengobati luka ringan seperti kulit tergores dan sebagainya.

Sebagian besar prosesi pernikahan tradisional di beberapa daerah yang ada di Indonesia memasukkan ritual pemakaian daun pacar sebagai salah satu ritual pernikahan. Masing-masing daerah memiliki arti dan makna tersendiri untuk ritual tersebut, meski di masa sekarang ritual ini dianggap oleh sebagian kalangan masyaarakat Indonesia sebagai pelengkap prosesi pernikahan suatu adat semata.






Henna berasal dari bahasa latin untuk tanaman Lawsonia Inermis yang diucapkan oleh orang Arab sebagai Hinna. Asal tepat dari mehndi sulit dikatakan karena seni ini telah berusia hampir 5000 tahun. Beberapa sejarahwan mengatakan bahwa bangsa Mogul lah yg membawa mehndi ke India tetapi sejarahwan lain mengatakan bahwa asal mula mehndi adalah India, sedang yang lain mengatakan bahwa asal mula mehndi adalah Timur Tengah atau Afrika Utara.
Tumbuhan henna bisa mencapai ketinggian 4 sampai 6 kaki dan dapat ditemukan di negara-negara seperti Pakistan, India, Afganistan, Mesir, Suriah, Yaman, Uganda, Maroko, Senegal, Tanzania, Kenya, Iran dan Palestina. Henna tumbuh cukup baik di iklim panas.





Henna adalah nama tumbuhan tertua yang digunakan sebagai kosmetik. Sangat aman digunakan. Jarang sekali menimbulkan masalah. Henna Alami biasanya aman karena tidak mengandung pewarna sintetis kimia atau bahan tambahan yang berbahaya lainnya. Sedangkan Mehndi adalah seni melukiskan gambar pada tangan dan kaki dengan menggunakan pacar atau Inai.
Mehndi merupakan adat dan seni kuno yang sangat tua di Asia, yang sampai sekarang masih dapat dipertahankan dan digunakan. Dinasti Mogul yang mengajarkan semua tentang sejarah Mehndi dan memperkenalkannya ke India pada abad ke 12. Ada yang mengatakan asal mulanya Mehndi dari Mesir, di Mesir Mehndi telah digunakan sejak zaman kerajaan Firaun. Budaya merantau yang dilakukan pada masyarakat dulu untuk tujuan perdagangan menyebabkan pemakaian Mehndi (Inai) menyebar ke seluruh kawasan yang dikunjungi (Asia). Ratu Mesir Cleopatra telah menggunakan Inai untuk mewarnai rambutnya. Lain halnya dengan India, di India Mehndi (Inai) umumnya digunakan pada saat upacara pernikahan.




Tapi kami malam itu menggunakan henna atau inai atau mehndi ini untuk bersenang-senang saja. Sambil menikmati art seni dan craftingnya bagaimana pasta itu diukir di kulit, kami memperbincangkan apa saja. Ramai gelak tawa pecah menguar di udara ruang tamu simbah yang luas.




Pesta henna berlangsung sampai malam. Wajah-wajah cerah ceria, dengan tangan-tangan cantik serta hati yang sumringah, rasa-rasanya malam itu menjadi salah satu momen istimewa bagi kami semua. Dan akan menjadi salah satu malam yang sangat berkesan dalam kehidupan kami masing-masing. Bahkan mungkin akan kami kenang kembali nantinya saat kami benar-benar dihiasi henna di malam sebelum hari menjadi pengantin. Ahay.....aamiin..



we love you all, sisters. love you all, family.

oh ya, supaya makin senang dan seru, yuk ikut  upcoming event dari Diaryhijaber.com yaitu Hari Hijaber Nasional.


Nama Acara : Hari Hijaber Nasional
Waktu : 07 Agustus 2016 – 08 Agustus 2016
Tempat : Masjid Agung Sunda Kelapa, Menteng, Jakarta Pusat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Adbox

@diannafi