Novel Gus & Novel Matahari Mata Hati Di Festival Pembaca Indonesia

Novel  Gus & Novel Matahari Mata Hati Di  Festival Pembaca Indonesia

Alhamdulillah ada novel Gus dan novel Matahari Mata Hati nih di pengumuman awal seleksi Goodreads 2015.

dapatkan novel gus by dian nafi di toko buku gramedia, togamas dll


dapatkan novel matahari mata hati by dian nafi di toko buku gramedia, togamas dll

 Setiap tahunnya, Festival Pembaca Indonesia selalu menjadi tempat di mana para pembaca Indonesia bisa saling bertemu dan mengenal satu sama lain. Para pembaca yang biasanya hanya larut dalam imajinasi bersama buku yang mereka baca, bisa saling berinteraksi dan bercengkerama dengan penuh keakraban dalam festival ini. Tak jarang dari interaksi itu muncul hal-hal positif yang tidak hanya bermanfaat bagi para pembaca, namun juga bagi masyarakat secara umum. Mungkin anda sudah sering melihat bagaimana para pembaca berkumpul dan berbagi kebahagiaan dengan anak-anak yatim, atau mengumpulkan buku untuk disumbangkan ke sekolah di daerah terpencil, dan masih banyak lagi aksi-aksi kepedualian lain yang dilakukan oleh para pembaca Indonesia. Semangat itulah yang ingin dibawa oleh Goodreads Indonesia dalam Festival Pembaca Indonesia 2015. 

Reading, Caring, Sharing merupakan sebuah tema yang tidak hanya mengangkat dunia membaca sebagai sebuah sumber dari jutaan imajinasi dan ilmu pengetahuan, tapi juga sebagai sebuah gerakan perubahan. Hal itu bisa terwujud berkat sikap peduli yang muncul di hati setiap pembaca Indonesia. Dari mana kepedulian itu datang? Salah satunya adalah dari buku-buku yang mereka baca. Inspirasi kehidupan yang sering tersirat dalam buku merupakan sebuah pemicu yang efektif untuk menumbuhkan sikap peduli dan suka berbagi dengan sesama. Untuk itu, pantas kiranya jika kita berterima kasih kepada para penulis dan penerbit buku yang telah mengumpulkan kita dalam dunia yang penuh kasih sayang ini. Tanpa mereka, tidak akan ada buku, yang artinya tidak akan ada komunitas pembaca.

Karena itu, di setiap pergelaran Festival Pembaca Indonesia, turut diadakan juga Anugerah Pembaca Indonesia, yang merupakan wujud apresiasi para pembaca untuk tokoh-tokoh yang telah bekerja keras dalam dunia penulisan dan penerbitan buku di Indonesia. Anugerah Pembaca Indonesia adalah ajang di mana para pembaca bisa memilih karya-karya favorit mereka yang muncul di dunia literasi Indonesia dalam 1 tahun terakhir. Dalam waktu yang singkat tersebut, sudah banyak buku yang diterbitkan. Buku-buku tersebut tidak hanya ditulis oleh penulis yang telah lama malang melintang di dunia literasi Indonesia, banyak juga karya-karya menarik yang lahir justru dari para penulis pendatang baru. Penerbit pun menghiasinya dengan balutan sampul menarik buah karya para desainer sampul yang sangat kreatif.

Melalui Anugerah Pembaca Indonesia kali ini, kami ingin mengajak seluruh pembaca Indonesia untuk ikut memilih buku terbaik, penulis terbaik, dan desainer sampul terbaik. Tidak perlu syarat yang berbelit, jika anda pernah membeli, membaca, atau melihat buku-buku Indonesia, maka anda sudah memenuhi syarat untuk ikut berpartisipasi. Mari kita beri apresiasi yang sebesar-besarnya kepada mereka yang telah menyatukan kita dalam dunia membaca yang penuh keceriaan ini. Tapi jangan terlampau semangat yah, mari kita lihat aturan-aturan dalam proses pemilihan Anugerah Pembaca Indonesia pada tahun 2015 ini.

Apa saja kategori Anugerah Pembaca Indonesia tahun ini?

Tak berbeda dengan Anugerah Pembaca Indonesia di tahun-tahun sebelumnya, kami masih mempunyai 2 kelompok besar, yaitu kelompok Buku dan Penulis, serta kelompok Desain Sampul. Untuk setiap kelompok, ada 4 jenis kategori buku, yaitu buku Fiksi, Non Fiksi, Komik/Novel Grafis, dan Puisi. Jadi, total ada delapan penghargaan yang akan kami berikan.

Apa kriteria buku yang bisa dimasukkan dalam Anugerah Pembaca Indonesia (API) tahun 2015?

Buku-buku yang masuk kriteria seleksi, baik untuk kelompok Buku dan Penulis maupun kelompok Desain Sampul, harus memenuhi syarat-syarat berikut:
- Untuk kelompok Buku dan Penulis, buku tersebut harus terbit antara 1 September 2014 sampai dengan 31 Agustus 2015. Buku yang merupakan cetakan ulang dari buku lain yang terbit di luar periode tersebut, TIDAK BISA masuk dalam pemilihan tahun ini.
- Untuk kelompok Desain Sampul, buku tersebut juga harus terbit antara 1 September 2014 sampai dengan 31 Agustus 2015. Bedanya, untuk kelompok Desain Sampul, buku yang merupakan cetakan ulang dari buku lain yang terbit di luar periode tersebut, BISA masuk dalam pemilihan tahun ini.
- Buku tersebut ditulis oleh Warga Negara Indonesia, dengan mayoritas tulisan di dalam buku merupakan Bahasa Indonesia.
- Buku tersebut HARUS sudah terdaftar di dalam database Goodreads.com

Semua buku-buku yang memenuhi persyaratan di atas, akan diperhitungkan untuk dimasukkan ke dalam tahapan seleksi selanjutnya.

Bagaimana tahapan seleksi selanjutnya?

Berikut adalah jadwal lengkap tahapan Anugerah Pembaca Indonesia 2015:
09 Oktober 2015: Press Release
09 - 31 Oktober 2015: Pengumuman Awal Seleksi
01 - 07 November 2015: Polling Long List API 2015 Tahap 1 (20 besar)
08 - 14 November 2015: Polling Long List API 2015 Tahap II (10 Besar)
15 - 21 November 2015: Polling Short List API 2015 (5 Besar)
06 Desember 2015: Pengumuman Penerima Anugerah Pembaca Indonesia 2015

Apa itu Pengumuman Awal Seleksi?

Pengumuman Awal Seleksi adalah pengumuman pendahuluan daftar buku-buku yang sudah didata oleh tim API 2015, yang dianggap sudah memenuhi persyaratan di atas. Dalam daftar tersebut masih ada kemungkinan kesalahan, baik buku yang dimasukkan ternyata tidak memenuhi kriteria, atau ada buku yang seharusnya dimasukkan dalam daftar namun luput dari pantauan tim API 2015. Mungkin ada juga kesalahan kategori buku (Contoh: Seharusnya Fiksi, namun dimasukkan ke kategori Non Fiksi, dan semisalnya).

Oleh karena itu, kami mengajak semua pihak, baik pembaca, penulis, penerbit, distributor, atau pihak pihak lain yang merasa ada kesalahan dalam daftar tersebut, untuk melaporkan kepada kami sebelum tanggal 31 Oktober 2015. Anda bisa melaporkan kesalahan tersebut dalam thread ini.

Setelah itu, bagaimana cara untuk masuk Long List API 2015 Tahap 1?

Buku-buku yang sudah masuk daftar Pengumuman Awal Seleksi, akan kami seleksi kembali berdasarkan buku dengan rating tertinggi dengan jumlah rating minimal tiga bintang. 20 buku dengan rating tertinggi akan masuk Long List Tahap 1 untuk kelompok Buku dan Penulis.

Adapun untuk kelompok Desain Sampul, Long List akan ditentukan oleh tim panelis yang terdiri dari 4 orang yang telah dipilih oleh tim API 2015. Empat orang tersebut terdiri atas dua orang panitia Festival Pembaca Indonesia, dan dua orang yang kompeten dalam bidang desain grafis. Seluruh tim panelis tidak memiliki sangkut paut apapun dengan penerbit maupun penulis mana pun.

Selamat memilih Buku, Penulis, dan Desainer Sampul terbaik menurutmu!


Salam,
Tim Anugerah Pembaca Indonesia 2015
 
sumber : https://www.goodreads.com/topic/show/17525077-anugerah-pembaca-indonesia-2015

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Adbox

@diannafi