#ngemilbaca Pasukan Matahari

#ngemilbaca Pasukan Matahari

Alhamdulillah, akhirnya sempat juga baca novel mas Gol A Gong ini. Bukunya sendiri kudapat dari mbak Afra Indiva, beserta banyak buku lain yang sudah kureview juga di sini.

Seperti yang kuduga sebelumnya, novel mas GG ini terinspirasi beliau sendiri. Jadi sedikit berbau memoar ya. Meski tentu saja ceritanya mungkin fiktif juga. Gabungan lah.

Temanya tentang persahabatan, keluarga. Pesannya antara lain kesetiakawanan, kesetiaan dan juga keberanian menghadapi hidup dalam keterbatasan (termasuk fisik)

Penokohannya jernih.  Karena aku kenal dan pernah ketemu langsung, jadi ya tokoh lakinya itu mas GG, istrinya itu ya mbak Tias istri mas GG, dan anak-anak mereka termasuk Obi yang aku pernah ketemu dengannya.

Alurnya maju dulu, terus banyak flashback di bagian-bagian belakang bahkan. Mengenang kembali masa-masa sekolah si tokoh.

Settingnya Jawa Barat. dan terutama daerah tempat tinggal mas GG saat ini. So ya lumayan ada kental sundanya gitu di beberapa bagian.

Gaya tuturnya lugas. Aku punya buku travellingnya mas GG juga, dan ini semacam begitu juga menulisnya. Diksinya juga tidak berbunga-bunga atau mengandung unsur kebaruan maupun metaforis, jadi kadang bisa dilompat-lompat bacanya.

Anyway, it's good to share inspiration story to the world.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Adbox

@diannafi