Kerajaan demak yang hilang telah ditemukan !

<p>Rugi ! <br>
Kalau hadir di sebuah event musyawarah penulis novel sejarah , tapi pulang tanpa membawa semangat untuk menulis novel sejarah itu sendiri.</p>
<p>From now on, saya akan mulai menulis serial cerita silat dan sejarah ttg ditemukannya kembali kerajaan demak yang hilang. Check it out ya. Doakan semoga sukses :-)
</p>

sambungan ... the first day of BWCF 2012 - roya ambarukmo


Hi, I come back again. I would like to tell you more about Borobudur writers and culture festivel which held from 28 till 31 october 2012.

The first day took place at pendopo royal ambarukmo Jogjakarta .(I will tell  the story about travelling later in another opportunity, I promise)

Mr. john mc glyn open the event by presenting documenter film about sapardi djoko damono. About the creative process of his poems and also his life achievement.
The documenter film about umar kayam didn’t be presented because there’s something wrong with the CD (rather disappointed of course, because actually I come there for the reason, the writer that become your favorite, isn’t he? J)

As usually, I feel blue. The tears is in my eyes. I see love in eyes of sapardi djoko damono. I see love in eyes of mr. john mc glyn (if u’re there, I am sure that I can see love in your eyes, but you’re not there, thanks. Especially I can act just like me and I do not need to be pretend somebody that please you :D)

From mr john, I get energy today. More. For this passion, writing and publishing. He said that this is time for the young generation to continue everything that he has initiated before.

Oh yeach, there's also other special thing. 28 oct 2012 is b'day 25th Lontar (Glyn's publisher) and 25 oct 2012 is 2th b'day of hasfa. Such as a nice gift for me that the energy come in a proper time, when it is really needed :)

Tony tack is the second speaker. She presented about unveiling mistery of Borobudur. Sit beside me, there is Marie Bee. There are Jennifer Mc Kenzie, pak langit kresna, bre redana, sutrisno mur, etc. which we get some insights for writings and in a big destination, contributing for the world.  

1st day: borobudur writers and culture festival

Just like as another expatriate, mr john mc glyn come earlier than anothers. The discipline come from his passion , love and also responsibility . Some of leadership characters which everyone should have it.
Not like as planned before, i don't come with someone who may be has questions in the head, why i just dissappeared closely until the planned day is coming. I have reasons for this, i apologize and i assume that it can be understood well .
Well, God send me the replace person. A girl from surabaya , called galuh. She studies culture in unair . She also comes alone . So we company each others.
Back to mr glyn , of course he is glad that the two of us are his early friends who attend this noon event.
Can i write the whole story tomorrow ? Coz i think i need to get a rest after this tight days. See u tom , insya Allah. Hv a nice dream
Btw, last night i dream that i come to your place but you're not there :( not such a good dreaming

Lomba Cipta Puisi Indonesia dan Jawa Bertema "Aku Cinta Jawa Tengah" Digelar 21 Oktober 2012


Lomba Cipta Puisi Indonesia dan Jawa Bertema "Aku Cinta Jawa Tengah" Digelar 21 Oktober 2012


Jawa Tengah merupakan salah satu provinsi yang memiliki banyak potensi. Potensi Jawa Tengah terletak pada budaya, keluhuran tradisi, keindahan alam, keramahan, kewirausahaan, dan keterbukaan terhadap inovasi. Dengan potensi tersebut, Jawa Tengah patut dibanggakan dan dicintai masyarakatnya. Rasa kebanggaan dan kecintaan terhadap Jawa Tengah itu dapat diekspresikan dengan berbagai cara, salah satunya melalui puisi. 
Oleh karena itu, dalam rangka memeriahkan Bulan Bahasa dan Sastra 2012, Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah memberikan wadah ekspresi kecintaan terhadap Jawa Tengah dengan menyelenggarakan Lomba Cipta Puisi berbahasa Indonesia dan berbahasa Jawa. Lomba ini ditujukan bagi seluruh elemen masyarakat Jawa Tengah. 

Tema
Tema Lomba Cipta Puisi ini adalah "Aku Cinta Jawa Tengah'.

Tujuan
Kegiatan Lomba Cipta Puisi Indonesia dan Jawa Tahun 2012 ini bertujuan sebagai berikut.
  1. Membangun dan meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap Jawa Tengah sehingga rumangsa handarbeni 'merasa memiliki' Jawa Tengah.
  2. Mengasah kepekaan terhadap situasi Jawa Tengah. 
  3. Meningkatkan kemampuan dan mengembangkan bakat seluruh elemen masyarakat Jawa Tengah dalam berekspresi sastra.
  4. Membangun sikap positif dan apresiatif masyarakat terhadap Jawa Tengah dan karya sastra puisi.

Peserta
Peserta adalah pelajar, mahasiswa, guru, dan umum, tidak dibatasi umur dari seluruh wilayah Provinsi Jawa Tengah.

Juri
Juri  Lomba Cipta Puisi Indonesia dan Jawa ini terdiri atas enam orang yang berasal dari unsur sastrawan, akademisi, dan media. Salah satu juri kehormatan adalah Rektor Undip, Prof. Sudharto P. Hadi, MES, Ph. D. Adapun keputusan juri bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.

Penilaian
Penilaian Lomba Cipta Puisi Indonesia dan Jawa meliputi aspek-aspek:
  1. Kesesuaian isi dengan tema;
  2. Amanat yang disampaikan;
  3. Keseimbangan dalam komposisi;
  4. Kepaduan unsur-unsur puisi;
  5. Keindahan yang meliputi pemilihan kata (diksi), gaya bahasa, dan citraan;
  6. Kreativitas;
  7. Keunikan pusi.

Pendaftaran
  1. Pendaftaran peserta dibuka mulai tanggal 1-21 Oktober 2012.
  2. Pendaftaran dapat dilakukan melalui telepon, faksimile, pos-el, atau datang langsung ke tempat pelaksanaan lomba secara perorangan ataupun berkelompok.

Waktu dan Tempat Pelaksanaan
Lomba akan dilaksanakan pada 21 Oktober 2012 di halaman Kantor Gubernur Jawa Tengah, Jalan Pahlawan Nomor 9-10 Semarang, pukul 08.00 s.d. 10.00 WIB.

Pelaksanaan
  1. Peserta datang ke tempat pelaksanaan lomba.
  2. Peserta mendaftarkan ulang kepada panitia.
  3. Pendaftaran tidak dikenai biaya.
  4. Peserta membawa alat tulis dan alas tulis sendiri.
  5. Peserta menerima kertas, mencipta puisi, dan menyerahkan naskah puisi kepada panitia kembali.
  6. Peserta boleh menulis satu puisi Indonesia, satu puisi Jawa, atau keduanya.
  7. Peserta diwajibkan menulis alamat lengkap, pos-el, nomor telepon, dan biodata peserta.
  8. Puisi adalah karya asli, bukan saduran, bukan jiplakan sebagian atau seluruhnya, dan belum pernah dipublikasikan yang dinyatakan dalam surat pernyataan.

Pengumuman Pemenang
Nama-nama pemenang akan diumumkan melalui harian Suara Merdeka  pada awal November 2012 dan laman (website) Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah (www.balaibahasajateng.web.id).

Hadiah
Para pemenang akan mendapatkan hadiah berupa piala, piagam, dan uang pembinaan dengan rincian sebagai berikut.
A. Kategori Puisi Berbahasa Indonesia
Pemenang I                  : Rp 1.500.000,00
Pemenang II                 : Rp 1.000.000,00
Pemenang III                : Rp 900.000,00

B. Kategori Puisi Berbahasa Jawa
Pemenang I                  : Rp 1.500.000,00
Pemenang II                 : Rp 1.000.000,00
Pemenang III                : Rp 900.000,00
Pajak hadiah ditanggung pemenang. Hadiah diambil di Kantor Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah paling lambat dua bulan setelah pengumuman pemenang.

Narahubung:
Kahar (088802596331)
Fikri    (08995826982)
Esti     (08122811796)
Rukni  (085275170662)

Sekretariat Panitia:

Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah
Jalan Elang Raya, Mangunharjo,
Tembalang, Semarang, 50272
Telepon  024-76744357
Faksimile 024-76744358
Pos-el:  info@balaibahasajateng.web.id

salah alamat, duh dudududu

tugas menulis kali ini sebenarnya sudah kuselesaikan dengan baik. bahkan jauh hari sebelum deadline yang ditetapkan. sayangnya, aku mengirim ke alamat email yang salah. hanya karena singkatan tugasnya ada huruf WA, kukira kirimnya ke emailnya yang tajuknya writing (ada dua alamat email miliknya, writing dan audition).
nhah!
ditunggu - tunggu, kok tidak ada tugas lanjutan. pas tadi diperiksa, halah. ternyata harusnya kukirim ke alamat email yang audition.
salah alamat tho? pantesan.
terus gimana nih....
masih menunggu, smoga ada kebijakan,

nhah!
lain kali re-check dong. re-check, re-check. selain juga re-write , re-write, re-write naskah.
jangan sampai nanti musti ada re-dian :D

Normal itu apa?

Normal itu apa?



Aku langsung faham apa yang dimaksudkan oleh guruku pagi ini. Seperti biasanya selalu ada kuliah pagi di ruang di manapun aku berada. Guruku setia menelponku setiap pagi untuk membagi pecahan – pecahan pemikirannya. Apapun itu. Dari a sampai z.
Salah satu poin yang kutangkap pagi ini adalah bahwa untuk tahu sesuatu yang baik, kita harus tahu apa komparasinya. Untuk tahu kenormalan, kita harus tahu ketidaknormalannya. Jangan – jangan yang kita anggap normal sebenarnya tidak normal.
Nhah!
Ini soalnya pas banget dengan apa yang barusan aku alami. Ceritanya dua hari yang lalu, aku datang ke sebuah acara sharing bisnis di kebun belakang rumah teman. Ada sekitar lima belas pria yang hadir di sana, dan aku satu – satunya perempuan yang ada. So what? Tampak aneh? Perawan di sarang penyamun? Atau semacam itu pasti pandangan orang. Benar kan? Coba katakana, itu normal atau tidak kalau kukatakan aku enjoy saja dan tidak bermasalah dengan ini. Ruang yang tersedia sempit sehingga aku tidak punya tempat khusus yang agak jauh dan atau dengan  satir. Coba beri pandangan padaku, kalau aku merasa biasa – biasa saja dengan ini, itu tandanya aku normal atau tidak ?

Oleh-Oleh Lagi : Membangun budaya unggul bangsa menyelamatkan Indonesia

Sama nih, belum sempat nulis versi panjangnya. aku ambilkan dari twit-ku ya (@ummihasfa)


Membgn budaya unggul bgs menyelamatkan Indonesia bareng pak  pak radhar panca dahana dan pak mohammad sobary.

Nasionalisme mdh digoyahkan.ada yg lbh mendasar yakni pergaulan beribu2 tahun d Nusantara ini  

Modus eksistensial d Indnsia:aku ada krn kamu ada,aku berada krn keberadaanmu.ikatan natural&kultural.tradisiny mjd fleksibel,bertumbuh#rpd

Ada 100kelebihan budaya Indonesia yg jd alasan plg baik utk jd diri sendiri&tdk tertipu modernitas,sektarian,partisan dll  apa saja?PR:)


kbykn kita disorientasi&split personality krn menipu diri sendiri.penampakanny modern tp dlmnya klenik.yg begini menjdkn tdk bkembang#rpd

Yg plg tragis adl sosrokartono(kakak kartini)sumacumlaude leiden yg pertama,tp ngumbah keris&berbagai klenik lainnya.mengobati dg alif

teknologi yg smakin canggih,menuntut kcepatn,percepatan dst shg ktk membaca hy scanning,tdk ada kedlmn,penghytn,pengendapan,meditasi#rpd

Realita bhw ada multiverse,membw kita pd tanya:bgm budaya menjangkau itu smua,who are we?ciptakan  itu dlm pkrn spy tahu .

Logic of java.logos/rasionalism jawa yg menjelaskan semesta b'dsr struktur,analitik sama kuatny dg yg dr luar.jwbn tersulit dr dlm diri

Formula membgn budaya unggul dg tahu basis kita sbg MARITIM.slama ini terlanjur b'pkr Continental ikut bgs Aria,terjajah kultural dll 

Kita dr yg terpecah2(pulau2&suku2) tapi tdk bisa pecah.yg bikin pecah itu modernisme,sektarian,partisan dll.ayo percaya diri kembali#rpd

Kemampuan kita m'trandensi atas apa yg tjd.m'sadari diri sbg apa,shg tahu batas,hak&kwjbn.pahami scr mntal&spiritual.wariskn k generasi#rpd



 mewacanakan filosofi negatif sbg dekonstruksi thd filosofi positif modernism.batasi diri sendiri dg HIDUP YG CUKUP.shg tdk GREED/rakus


Oleh - Oleh : kebijakan relijius dlm membangun peradaban

Belum sempat membuat tulisan panjangnya, berikut aku cuplikkan dari twit-ku (@ummihasfa) ya :-)

Alhmdlh,puas dpt sesuatu dr p khalid walid ketua sekolah filsafat islam sadra jkt&dekan fu.kebijakan relijius dlm membgn peradaban#KRDMPOrg2 yg berfikirny filsafat/substansial/menguasai dsr sgala sesuatu,dpt melintas batas.krn ilmu ini tiada berbatas.shg memberi solusi#KRDMP

Kecerdasan&peradaban itu dicapai dg2cara:eksplorasi trs menerus&penyucian jiwa.rahib sekaligus singa.real Ulama:menguasai sains&shaleh#KRDMP

Tp jgn sampai jd filsuf yg tdk mampu membahasakan filsafatnya,spt Mirdaman yg kitabnya kabasat sampai tdk bisa ditafsirkan 

Msg2 malaikat itu hy py 1maqom/spesialis,cabut nyawa yo cbt nyawa trus.manusia itu dibekali kemmpuan sebanyak asmaNya.mumit,muhyi dll#KRDMP

Mnsia mikrokosmos py smua yg ada d alam makrokosmos.aliran drhnya sungai2,rambutnya rerumputan,bahagiany purnama,sedihny gulita malam#KRDMP

Layukalifullohu dst hrsnya dimaknai sampai batas mana kita menCOBA mengerahkan sluruh keMAMPUan kita.bukannya menyerah krn toh terbts#KRDMP

Keadaan jiwa dipengaruhi o/apa saja yg kita cerap.slamany melekat.di akhirat,fisik yg tampak adl sesuai bentukan jiwa.ada yg spt kera#KRDMP

Filsft manfaatny dr mnsia utk mnsia berdsr Haq.menjwb prkmbgn mslh manusia.membaca pesan langit utk bumi dg b'pikir induktif&humanism#KRDMP

khirt adl akhir dr perjlnn kesmpurnaan jiwa.sempurna positif/negatif.azali=rahim/persiapan dunia,dunia=rhm barzah,barzah=rhm akhirat#KRDMP

Filsft barat brkutat pd gbr ekstrnl jiwa/matrialism/aksiden/positivism,shg byk filsuf barat gila&ngendat.filsf islam~ksmprnaan hakiki#KRDMP

Ulama terdhl fisikwn juga filsuf krn mngeksplor diri&skaligus menjaga kesalehan.tahu skaligus memahami.ban njobo ban njero .

Mulla sadra m'harmonisasikn tasawuf,kalam&filsafat.hikmah didpt dlm4thp perjlnn akal/madrasah.masaiyah,isyroqiyh,burhaniyah,mutawiyah#KRDMP




The Borobudur Writers and Cultural Festival


Suka traveling dan minat pada sastra dan seni budaya? Siap-siap, Borobudur Writers and Cultural Festival 2012 akan dilaksanakan pada 28–31 Oktober 2012!
Untuk pertama kalinya, Borobudur Writers and Cultural Festival 2012 akan diadakan di Aula Hotel Manohara, Borobudur, Jawa Tengah, pada penghujung Oktober. Festival ini dipersembahkan bagi pecinta sastra, seni budaya, dan sejarah nusantara.
Sederet nama-nama penulis dan budayawan ternama Indonesia dijadwalkan hadir pada festival yang akan berlangsung selama empat hari tersebut. Beberapa diantaranya yakni Acep Zamzsam Noor, Arswendo Atmowiloto, Cok Sawitri, Romo Mudji Sutrisno SJ, dan Seno Gumira Adidarma.
Festival ini memiliki agenda utama forum penulis, seminar, serta pesta seni budaya. Selain menjadi ajang diskusi dan berbagi pengalaman, festival ini juga dimaksudkan untuk mendukung program Visit Jawa Tengah 2013 yang dicanangkan pemerintah.
Berikut adalah highlight acara pada Borobudur Writers and Cultural Festival 2012:
Senin, 29 Oktober 2012
Sesi 1 | Pk 10:00 – 13:00 WIB
Imajinasi dalam Ruang Kosong Sejarah NusantaraPembicara: Arswendo Atmowiloto, Romo G Budi Subanar SJ, Sutrisno Murtiyoso
Moderator: Taufik Rahzen
Masih banyak ruang-ruang yang belum diungkap dan digali dalam sejarah nusantara. Sesi ini secara kritis akan membahas bagaimana ruang-ruang kosong tersebut dapat dimanfaatkan para novelis untuk materi novelnya.
Sesi 2| Pk 15:00- 18:00 WIBKontroversi Gajah Mada dalam Perspektif Fiksi dan SejarahPembicara: Agus Aris Munandar, Langit Kresna Hariadi, Jakob Sumardjo
Arkeolog yang juga penulis buku Gajah Mada: Biografi Politik, akan menjadi salah satu pembicara dalan sesi yang membahas soal asal-usul dan riwayat Gajah Mada. Dalam bukunya tersebut, ia menyajikan interpretasi baru yang menyebutkan bahwa sang mahapatih lahir di Pandaan, Jawa Timur anak dari Gajah Pagon, cucu Macan Kuping, penghulu tua Desa Pandakan. Interpretasi ini sangat dekat dengan perkiraan Muhammad Yamin bahwa Gajah Mada lahir di kaki gunung Kawi dan Arjuna, Jawa Timur.
Selasa, 30 Oktober 2012Sesi 1 | Pk 10:00 – 13:00 WIB
Sriwijaya dalam Prosa dan Arkeologi
Pembicara: Seno Gumira Ajidarma, Bambang Budi Utomo, Yudhi Herwibowo
Moderator: Agus Widiatmoko (Arkeolog)
Sriwijaya memiliki kekuasaan dan pengaruh yang besar hingga di kawasan Asia Tenggara. Meski kekuatan ekonominya tergolong luar biasa, namun peninggalan purbakala Sriwijaya tak terlalu banyak ditemukan. Hingga saat ini pun masih muncul perdebatan mengenai lokasi ibukota Sriwijaya, apakah antara Bukit Siguntang dan Sabokingking (Sumatera Selatan, antara Muara Sabak sampai Muara Tembesi (Jambi), atau di Kedah seperti yang termaktub dalam Prasasti Tanjore?
Sesi 2 | Pk 15:00- 18:00 WIB
Kontroversi Syekh Siti Djenar dalam Sastra dan Agama
Pembicara: Abdul Munir Mulkhan, Agus Sunyoto, K.H. Moh. Sholikhin
Moderator: Ahmad Chodjim
Dalam jagad spiritual Jawa, nama Syekh Siti Jenar tak dapat diabaikan. Sikap dan pernyataannya yang kerap menuai kontroversi membuatnya sering ‘disingkirkan’ dari wacana keagamaan formal Islam. Meski begitu, ia tetap menjadi tokoh besar, khususnya di Jawa. Sesi ini mengajak partisipan untuk mengenal lebih dekat Syekh Siti Jenar, bagaimana ia dipahami oleh pemeluk Islam di Jawa, bagaimana ajaran-ajarannya, dan sebagainya.
Rabu, 31 Oktober 2012
Sesi 1 | Pk 10:00-13:00 WIB

SH Mintardja dan Mataram
Pembicara: Otto Sukatno CR, Supratikno Rahardjo, Teguh Supriyanto
Moderator: Romo Mudji Sutrisno SJ
Sesi ini akan membaha sejauh mana karya SH Mintardja memberi pemahaman terhadap sejarah Mataram. Selain itu, sesi ini juga mengajak para partisipan untuk coba menelaan sumbangan yang terlah diberikan oleh SH Mintardja, apakah karya-karyanya dapat dijadikan semacam acuan alternatif di luar teks-teks resmi dalam menjelaskan kerajaan Mataram Islam tersebut?
Sesi 2 | Pk 15:00-18:00 WIB
Napak Tilas Nusantara
Pembicara: Aan Merdeka Permana, Hadi Sidomulyo (Nigel Bullough), Fendi Siregar
Moderator: Putu Fajar Arcana
Perjalanan napak tilas banyak dilakukan peneliti-penulis untuk masuk ke ruang sejarah yang diminatinya. Pada sesi ini akan dibicarakan berbagai pengalaman napak tilas dalam menyelami sejarah nusantara. Beberapa topik yang akan dibicarakan antara lain naik-turunnya kerajan Sunda, ziarah lokasi-lokasi dalam serat Centhini, dan perjalanan Prabu Hayam Wuruk di Majapahit. (Deasy Elsara/wego.com)

BOROBUDUR WRITERS & CULTURAL FESTIVAL
Jl. Mawar 22, Baciro
Yogyakarta 55225
Telp: (0274) 564919 | Email: info@borobudurwritersfestival.com
www.borobudurwritersfestival.com
Pusat informasi di Bali:
Complex Sunset Paradise Kav 10,
Jalan Sunset Road, Kuta Badung
Bali 80361
Telp: (0361) 8480932

biografi ke novel

aku baru saja khatam membaca tulisan Damien Dematra. sebuah novel yang menceritakan kisah kehidupan Seikhuna Hasyim, kakeknya Gus Dur.
meski seorang teman sempat bilang tidak menyukai tulisan Damien karena katanya tidak ada unsur fiksinya sehingga kurang memancing imajinasi dsb, aku tetap tak surut untuk membacanya hingga selesai.
menurutku tetap masih berharga dan berguna tulisan macam ini. apalagi di jaman seklarang, sudah jarang kita bisa mendengar dongeng , kisah ataupun cerita dari orang - orang tua. pertama, mungkin mereka sudah mati, kedua, yang masih hidup mungkin juga tidak banyak tahu. jadi novel biografi semacam ini sangat penting buat generasi yang jauh dari masa tokoh itu masih hidup.
ada banyak sekali semangat dan teladan serta hikmah yang kita bisa ambil dari novel - novel macam ini.
mudah - mudahan lagi juga mbarokahi, ada barokah di sana. (nhah?! masih ada yang nggak percaya ada barokah? Oh my God, biasanya mereka yang tidak percaya karena tidak pernah mengalaminya. dan tidak  akan mungkin mengalaminya, jika tidak punya iman/percaya. )

selepas khatam ini, sekarang saatnya baca novel biografi Gus Dur yang ditulis oleh orang yang sama. akhirnya buku-buku yang kubeli, kulepas juga plastiknya dan kubaca. hehehe..

(percayalah. aku juga akan melakukannya nanti. entah biografi siapa yang akan kutulis)