Travel Blog vs LockDown Corona

Travel Blog vs LockDown Corona


Banyak travel blogger yang mengelola web dan Travel Blog menjadi resah di masa pandemi wabah Corona ini. Apa iya mau menulis tentang traveling terus sementara orang-orang diharuskan tinggal di  dalam rumah alias stay at home, apalagi jika adalock down negara maupun kota.

Yang sebenarnya kita sebagai travel blogger masih bisa menulis tentang hal-hal terkait traveling. Karena sejatinya traveling itu bicara tentang beberapa hal berikut ini. Sehingga di blog traveling kita bisa menyajikan tulisan-tulisan yang terkait dengannya. 


- wonder, kekaguman, bertanya-tanya, keheranan, atau kegawokan kalau kata orang jawa. Eaaa...

- curiosity, keingintahuan, kepenasaranan.
- learning how other people live, belajar bagaimana manusia dan orang-orang lain ini hidup, berkehidupan
- tolerance, cerita perjalanan berarti cerita toleransi. Bener kan?!
- empathy, tanpa punya empati kita tak mungkin bisa menikmati perjalanan apapun, ke manapun, dengan siapapun.


- the joy of looking stupid and getting other people to laugh at you, keasyikan dan keseruan untuk terlihat bodoh dan membuat orang lain menertawakan kita.

- landscape and history, pemandangan dan sejarah, bisa juga berarti latar belakang segala sesuatu. kita bisa menelaah banyak hal dari perspektif teropong ini, ya kan.
- all the sciences and arts; semua hal berbau sains dan seni. Hmmm... jangan lupa juga semua hal terkait kesehatan dan virus di masa corona ini. Itu sains juga loh. Microbiologi kayak bidangnya cakamadku. Eaaa...

- the importance of community and of helping others who need that help; pentingnya komunitas dan menolong orang lain yang membutuhkan.


- how to connect with things far greater than you'll ever be, and why that's a really good thing for your ego in the long run; bagaimana terhubung dengan hal-hal yang lebih besar daripada kita, dan mengapa penting bagi ego kita dalam perjalanan yang lebih panjang.

- travel is also about hope, travel juga berarti harapan.


- opening your eyes to what's around you - including at home. Buka mata terhadap apa yang ada di sekitar, termasuk yang ada dalam rumah.

- adventures In Going Nowhere; petualangan yang dilakukan saat tidak ke mana-mana.

- about finding stillness to stop your brain catching fire; tentang menemukan keheningan untuk menghentikan pergumulan otak yang terus membara menyala-nyala.

- from a travel perspective, try writing about fear; dari perspektif travel, coba tulis tentang ketakutan.

- write about risk; menulis tentang resiko.

- uncertainty, juga ketidakpastian.

- Travel is, at its heart, as much about fascination and learning as it is about physical exploration. That's also why most people read travel stuff, even when movement is unrestricted.

Travel sejatinya adalah tentang keterpesonaan dan belajar eksplorasi fisik. Itulah sebabnya kebanyakan orang membaca hal-hal terkait travel meskipun pergerakan dibatasi.


- honest, unflattering self-portrait of someone falling apart; kejujuran, potret diri yang tidak menarik dari seseorang yang terjatuh.


- 'how to find yourself' guide for the emotionally fragmented; petunjuk bagaimana menemukan diri sendiri bagi mereka yang terbelah emosinya.

- "travel the world and fix your life" thing; mengelilingi dunia dan memperbaiki kehidupan kita

- stay home and mercilessly take the piss out of the kind of travel you love. tinggal di rumah dan tanpa ampun misuhi jenis perjalanan yang kita sukai.

- Nomad is tremendously awful, the pettiest and least self-aware Partridge has ever been, and the results are sublime/excruciating.
Pengembaraan sesungguhnya mengerikan, kita bagai ayam hutan yang tak sadarkan diri dan hasilnya menyakitkan

- Write about where you are, where you live right now. Tulis tentang di mana kita tinggal saat ini.

- A good way to discover how woefully ignorant you are of what the world actually looks like, at ground level?

Cara yang baik untuk mengetahui seberapa tidak pedulinya kita pada dunia sebenarnya, pada level permukaan?

- "All great civilizations are based on parochialism. To know fully even one field or one land is a lifetime's experience...it is depth that counts, not width."

Semua peradaban besar didasarkan pada parokialisme. Mengetahui sepenuhnya bahkan satu bidang atau satu tanah adalah pengalaman seumur hidup ... itu adalah kedalaman yang diperhitungkan, bukan lebarnya. 

- the power of looking closely at what's so familiar to us that we never actually see it
kekuatan untuk melihat dengan cermat apa yang begitu akrab bagi kita sehingga kita tidak pernah benar-benar melihatnya.


See? 
Ternyata banyak hal yang bisa kita tuliskan di blog travel kita kan meskipun harus berada dalam rumah di masa wabah pandemi corona ini. 

Smoga menginspirasi ya!
Dan semoga corona segera berlalu. Aamiin.

0 komentar:

Posting Komentar