Jaga Budaya Dan Lingkungan itu Seru

Image



Aku pernah motoran bersama adik-adikku ke candi gedongsongo belasan tahun lalu. Lalu pernah juga pergi  bareng momsquad darwis ke sini juga 2018 trus foto depan miniatur eifel tower di salah satu tempat wisata dekat candisongo ini, 2019 eh ke eifel beneran. Maret 2020 ini datang lagi for green campaign dan social ecological movement yang diselenggarakan oleh Djarum Foundation.

Seru banget pagi ini bareng 250 mahasiswa mahasiswi dari 58 universitas untuk menanam bareng 868 tanaman di kawasan candi gedong songo.  Sudah saatnya generasi milenial sadar lingkungan dan menjaga kelestarian alam.


Mahasiswa-mahasiswa dari universitas diponegoro,  universitas sebelas maret surakarta, uin walisongo semarang,  universitas negeri semarang dan 50 universitas lainnya menanam bersama-sama bibit yang berasal dari pusat pembibitan tanaman PPT Bakti Lingkungan Djarum Foundation.

Image

Program darling alias sadar lingkungan ini diadakan oleh Djarum Foundation sebagai wujud nyata kepedulian terhadap lingkungan. Agar semua pihak juga generasi muda bangga dan turut berperan menghijaukan situs-situs bersejarah.

Jenis pohon yang ditanam kali ini adalah bambu jepang,  hujan mas,  pucuk merah,  tabebuia rosea,  pinus,  puspa,  akarwangi pada kawasan candi 1. Di kawasan candi 4 yang ditanam ada pinus,  puspa,  akar wangi.


Candi gedongsongo adalah candi keempat yang didatangi untuk program darling ini
Direktur Djarum. Foundation pak Hartono juga hadir pagi ini. Social movement ini untuk menumbuhkan cinta dan kontribusi terhadap lingkungan

Spesial di candi gedongsongo acara berlangsung selama dua  hari.  Ada camping untuk 50 darling squad yang terpilih. Berbagai acaranya antara lain Workshop tentang sampah. FGD project challenge untuk aplikasi idenya di daerahnya masing-masing.

Image
Setelah menanam bersama pohon dan semak, acara berikutnya adalah talkshow

So pasti diawali dengan yel-yel dulu.
Siap Darling?
Kami siap darling, kalian kapan?
Darling Squad?
Bikin perubahan itu tidak bisa sendirian.

Speech dari Djarum Foundation yang disampaikan pak Panji, menyampaikan bahwa kita harus menjaga dan memelihara apa yang sudah dikerjakan susah payah oleh pendahulu kita. 
Terkubur 10 meter, candi yang dibangun ratusan tahun lalu berhasil digali. Ribuan candi di Indonesia, merupakan peninggalan nenek moyang yang sangat berharga.
Generasi penerus harus menjaga budaya-budaya tersebut berikut  lingkungannya. Dampaknya kehidupan sosial masyarakat akan meningkat, devisa negara juga.


Kegiatan hari ini bareng 250 mahasiswa juga merupakan aplikasi dari kampus merdeka sebagaimana yang diharapkan mas menteri Nadiem Makarim.


Image

Candi dibangun tidak dengan semen beton, karena butuh material yang tahan gempa. Pohon yang ditanam di kawasan candi juga tidak sembarangan, ada riset. Mari kita membuat narasi yang baik tentang budaya, lalu kaitkan dengan lingkungan.

Peninggalan artefak berupa candi, lingkungan serta budayanya menjadi bagian  yang harus dipelajari. Makin jauh ke belakang bangsa mau belajar, makin maju ke depan juga bangsa itu. 
Tari gambyong sebagai bagian yang termasuk budaya dan harus kita jaga, juga ditampilkan siang itu.

Tema talkshow siang itu adalah "what we can do now?"
Untuk memulihkan ekosistem, kita harus menanam 26 pohon perhari. Demikian yang disampaikan oleh Kapokja pemeliharaan cagar budaya. Sebenarnya ada ribuan candi di indonesia. Di jawa saja ada candi ngenpor, selogriyo, dukuh, ngawen, dll.

Nara sumber kedua ada anak muda dari Jakarta -Iqbal- yang punya sociopreneurship. Dia menaikkan dari bank sampah jadi klinik sampah, kertabumi (nama brandnya) membuat 200 ribu produk sampah. Berawal dari frustasi dan kegeramannya karena melihat sampah di mana-mana. lalu saat pergi ke tempat pembuangan akhir, dia melihat bahwa sampah ternyata tidak diolah. Maka kemudian dia menginisiasi gerakan dan usaha ini. Antara lain adalah memproduksi ubin dari botol plastik. Keren kan. 

Image

Nara sumber berikutnya adalah pak Hasan dari Dinas Kehutanan.
Program dinas kehutanan antara lain mengajak komunitas-komunitas untuk menanam pohon. Salah satunya yang pernah diselenggarakan, ada 2726 peserta yang ikut menanam pohon di merbabu.
Pada musim hujan, minimal seribu pohon ditanam tiap event. Medsos cepat sekali menyebarkan green campaign. Mindset anak muda sekarang sudah berubah. Mereka mudah digerakkan untuk kebaikan. Alhamdulillah.


Candi dan lingkungan adalah ekosistem yang tidak bisa dipisahkan.
Batu candi punya skala kekerasan yang rendah. 2 skala mos. Kalau kena goresan kuku cepat rusak. Apalagi  bila kena alterasi alias pelapukan batu oleh belerang. Antisipasinya ditutup dengan  pohon yang rindang. Oleh karena itulah penghijauan sangat penting di lingkungan candi.

Nara sumber berikutnya adalah artis muda Lutfi yang menjadi pemeran Prince Darling. Prince darling web series merupakan produksi Djarum Foundation, dan kemarin sudah mendapat 1,4 milyar views. Series ini  bercerita tentang prince atau pangeran dari masa lalu yang dikirim ke masa depan untuk menanam 100rb pohon. 

Lutfi merasa setelah membintangi series ini, dia menjadi lebih  aware dengan kehidupan yang akan datang. Itu jugalah pesan yang ingin disampaikan oleh series ini kepada para milenial. Apa yang terjadi hari ini mencerminkan masa lalu. 


Pak Hasan menyampaikan bahwa tersedia 2 juta bibit di dinas kehutanan. Silakan ambil untuk ditanam. Cukup kirim pesan via whatsapp, kalau sedikit silakan ambil, kalau banyak bisa dikirim oleh dinas kehutanan. 
Minimal kita ini menanam 1 pohon sehari, dan memeliharanya dengan baik. Jangan menyerahkannya pada Tuhan saja, tapi tidak mau menyirami dan lain-lain. 

Pinus bisa menyerap sulfur, karena itulah ada banyak pinus di kawasan candi. 



Image


Iqbal menambahkan bahwa Social enterprise dimulai tanpa modal, yang penting terus belajar. Ngomongin sampah tidak bisa terlepas dari manusianya. Lakukan social projectmu sekarang!
Saat ini Iqbal dan Kertabumi sudah memiliki 57 bank sampah, dan mendaur ulang 87 ton sampah. Bahkan produknya sudah diekspor ke jepang, eropa dst

Prince Darling memberikan tips untuk milenial agar memulai dari yang mudah.
Jangan membuang sampah sembarangan
Bawa tumbler
Pilah sampah
Bawa totebag
Pakai sedotan stainles steel
Tanam pohon



Mbak Dewi Asmara dari Dinas Cagar Budaya menjawab pertanyaan salah satu peserta. Kita perlu menjadi conscious consument yang hanya belanja benda-benda yang tidak menjadi  sampah.
Bagaimana mengelola budaya konsumsi yg sehat juga perlu digalakkan. Via sosmed, youtube dan lain-lain.

Pak Hasan menambahkan bahwa neraca sumber daya alam harus seimbang. Pemerintah bertugas menghitungnya. Maka kita perlu kajian lingkungan hidup strategis.

Sampah B3 medis kalau mau diolah harus ada sertofikasi dr dinaa lingkungan hidup
Sampah berbahaya seperti popok bekas jadi pot, batu bata
Aplikasi bukan untuk individual atau komunitas. Ada perlakuan tersendiri

Sarannya adalah lebih baik produksi olah sampah yang tidak membahayakan saja. Lebih aman.

Image


Bersahabatlah dengan alam, jangan merusaknya

Di akhir talkshow semua narasumber berfoto bersama moderator, mbak Abex. Ada pak hasan dinas kehutanan, bu Dewi Asmara dari balai cagar budaya, mas Iqbal social enterprise, dan Lutfi  si prince darling.

Ujung rangkaian acara dua hari ini adalah persembahan lagu-lagu yang dinyanyikan Abdul Idol.

Saat perjalanan pulang, aku sempat bertemu dengan Lutfi salah satu nara sumber di panggung tadi.

Nih dia prince darling. Sulungnya cakamad setinggi ini juga kali.

Tonton web seriesnya ya.

Image




42 komentar:

  1. Ubin dari sampah plastik kayak gimana tuh mbak, pas acara ditunjukim barangnya kepo aku 😁

    BalasHapus
  2. Kita memang aware kalau menanam pohon itu baik buat alam, tapi soal sampah.. perlu banyak effort buat tetap peduli. Kegiatan keren nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener banget win. program yang perlu didukung kesinambungannya ya

      Hapus
  3. Emang pohon itu simbol kehidupan, banyak manfaatnya. Btw, aku pengen dapet bibit dari Dinas Kehutanan, wa-nya ke mana nih?

    BalasHapus
    Balasan
    1. langsung ke web-nya dinas kehutanan aja lint. di situ ada informasi nomer whatssapp nya

      Hapus
  4. Seru ya kegiatan Siap Darling, jadi membuka mataku kalo ternyata kita pun bisa ikut aktif menghijaukan candi dengan meminta bantuan tanaman dari pihak Dinas Kehutanan

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, mbak. seru banget. mau ya diajak begini lagi

      Hapus
  5. Wah seru ya ikut acara keren ini. Semoga semakin banyak yg DarLing ya mba..biar limgkungan kita terjaga dan lestari..

    BalasHapus
  6. Candi gedongsongo sekrg makin bgs ya.. menyesuaikan zaman jd bgs buat selfi2 gt..tp aku blum pernah sampe puncaknya soale udh capek duluan hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. kapan-kaan harus cobain sampai puncaknya ya mbak :)

      Hapus
  7. Gedong songo makin berbenah yaa sekarang jadi makin cantik tampilannya... Mba yg ubin dr plastik kok ngga di foto, aku penasaran jadinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, makin cantik dan mempesona gedong songonya. Ubin plastiknya gak ada contoh yang dibawa sama narsumnya.

      Hapus
  8. keren nih programnya, semoga makin sering dan makin banyak ya program seperti ini, apalagi bisa ke gedong songo lagi yang emang ngangenin hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin aamiin semoga program-program semacam ini semakin banyak ya

      Hapus
  9. Kegiatan kyk gni harus bngett sering dilakukan, termasuk didaerah lain yang pepohonannya udh hampir habis huhu, btw sy blm pernh ke candi gedong seongo, kyknya sy harus coba jalan-jalan kesna buat meliht keindahan alamnya

    BalasHapus
  10. ya Allah saya menyesal enggak daftar dan ikutan. Itu mas Lutfi Aulia mana cakep banget lagi :((( Hwaaaaa

    jaga lingkungan emang seru mba, investasi jangka panjang di muka bumi ya ini hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha iyaaa, beneran cakep dan humble orangnya

      Hapus
  11. Seru ya mbak acaranya. Membuka wawasan juga tentang budaya dan lingkungan. Moga makin banyak program CSR kek gini

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyes,seru banget. cocok buat inspirasi CSR perusahaan lain ya

      Hapus
  12. oh aku baru tahu mbak orang di balik Kertabumi Klinik Sampah. Keren sekali tuh gerakan dan produknya. salut buat semua yang selalu peduli lingkungan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh sudah pernah dengar nama wadaahnya ya. Lha ini pencetus dan pendirinya. Memang keren

      Hapus
  13. Keren programnya biar anak muda dan masyarakat makin cinta lingkungan,semoga diadakan rutin dan konsisten nggak hanya sekadar seremonial

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin. mudah-mudahan harapan banyak orang ini bisa terwujud ya

      Hapus
  14. Anak muda sekarang udah punya kepedulian yang tinggi terhadap lingkungan ya mba. Nyatanya Darling Squad aja sampai melimpah ruah. Pada semangat pulak saat beraktivitas. Senang lihat mereka semua menanam berbagai pohon di kawasan Candi Gedongsongo kapan hari.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, alhamdulillah. ini kayaknya efek media sosial dan campaign yang pas buat anak muda

      Hapus
  15. Keren sih ini kegiatannyaa moga setelah ini tetep rajin menanam, dan menjaga lingkungan. Foto pertama kabutnya tebel banget mba. Dingin banget pasti yo.

    BalasHapus
  16. kok jadi pengen ke Gedongsongo lagi sih aku.. misi positif hasil positif insya Allah

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin. insya Allah kapan-kapan kesampaian

      Hapus
  17. Aku belum pernah ke gedungsongo. Wah keren banget acaranya, bareng 11 kampus, keren deh. Sukses ya

    BalasHapus
  18. INi keren banget serius.
    Penanaman pohon bareng2 yang akan bikin indonesia semakin hijau
    wajib banget diadakan terus

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo semangat menanam juga di lingkungan kita

      Hapus
  19. Aku kepo nih, pengen tahu lebih banyak tentang yg dilakukan Iqbal. Gimana ceritanya sampah bisa jadi ubin plastik?hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. langsung kepoin instagramnya Iqbal dan komunitas sampahnya ya

      Hapus
  20. Asik banget yaaa bisa nanam pohon di gedung9, heheu

    Seru pasti, karena menjaga indonesia tetap hijau merupakan tugas kita semua.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, seru karena bisa sekaligus piknik refreshing

      Hapus
  21. Bagus banget nih acaranya. Btw, aku galfok sama spanduknya.. bintang tamu Ahmad Abdul? Duh mendadak sedih nggak ikutan eventnya.. aku kan suka sama Ahmad Abdul. Hiks.

    Btw, thanks for reminding untuk selalu menjaga lingkungan ya mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. eh ternyata suka ama Ahmad Abdul ya. suaranya bagus banget, aku baru dengar langsung kemarin

      Hapus

Adbox

@diannafi