Alhamdulillah Sampai Eropa Beneran

Alhamdulillah Sampai Eropa Beneran


Alhamdulillah akhirnya Sampai Eropa Beneran setelah sebelumnya jalan- jalan ke Eropa tiruan di Cilesoa Bandungan. 

Dan perginya dalam rangka konferensi paper di Konferensi Internasional yang diselenggarakan di Radboud University, Nijmegen, The Netherlands.


Dus sekalian jalan-jalan ke kota-kota di Belanda lainnya serta negara-negara yang dekat Belanda. Alhamdulillah sampai Jerman, Perancis dan Belgia.

Hadzaa min fadhli robbii. Semata karena kemurahanNya. Alhamdulillah wa syukurillah.

Ada puluhan ribu foto yang sempat diambil. Sampai bingung pas milih buat diupload ke sosmed dan blog. Hahaha salahe dhewe ya..

Ini beberapa di antaranya yang mewakili.


Kali pertama mendarat tentu saja kaki menapak bumi Amsterdam. Tepatnya Schipool Airport.

 Terus lanjut perjalanan ke Leiden. Dan selama beberapa hari sebelum konferensi, aku menghabiskan waktu untuk mengakrabi kota indah ini. Tiap hari jalan kaki saja menyusuri setiap sudut-sudutnya yang penuh pesona.



 Berfoto di setiap spot bangunan-bangunan yang indah. Jembatan dan kanal-kanalnya yang bersih dan menawan.
 Dan tentu saja main ke Leiden University yang sangat mengagumkan. Pengen banget bisa balik lagi ke sana untuk belajar sesuatu. Kapan yaaa..

 Puas jalan-jalan beberapa hari di Leiden, aku lanjut ke Nijmegen untuk presentasi paper di Radboud University.



 Aslinya grogi banget karena para presenter lain dari berbagai negara adalah para dosen, doktor dan profesor. Tapi alhamdulillah semua berjalan lancar dan sukses.

 Bahkan audience sangat antusias. Banyak sekali yang bertanya sampai ketika sudah selesai sesi panelku, ada beberapa audience yang terus mengejar untuk bertanya lebih lanjut. Bikin numan deh, jadi kecanduan dan ingin mengirim paper lagi supaya dapat kesempatan konferensi lagi, ataupun short course dan kesempatan lainnya yang going abroad. Dapat beasiswa untuk sekolah lagi juga mauuuuu....Aamiiin....


 Selepas konferensi beberapa hari di Nijmegen, perjalanan berlanjut ke Denhaag. Aku mengikuti diskusi interfaith dan juga gala dinner party di kedutaan Indonesia di Belanda. Tentu saja juga jalan-jalan mengelilingi Denhaag.

Malamnya menginap di rumah bagi tamu-tamu penting kenegaraan di dekat Denhaag.


Selepas dari Denhaag, lanjut jalan-jalan ke Volendam, Paris, Brussel.


 Balik dari Brussel, kelilingan Belanda lagi, ke Rotterdam, Delft, Utrecht, Dulvendreicht. Antar kota ditempuh dengan naik kereta cepat.

Lalu main-main di  Leiden lagi sampai puas. Sempat naik perahu juga menyusuri kanal-kanalnya.


Sempat ke kota kecil di Jerman, kleeve yang berdekatan dengan Nijmegen


 Coba bandingkan pose di menara Eifel beneran dengan menara Eifel buatan yang ada di Celosia Bandungan. He he he
 Semua bangunan dan statue yang dulu hanya bisa kulihat lewat buku-buku arsitektur, akhirnya bisa kulihat langsung, kuraba dan kuhirup udaranya.


Subhanallah alhamdulillah.
Trus bisa lihat langsung tempat-tempat yang diceritakan dalam novel Da Vinci Code. 
whoaaaa...
Selain ke menara Eifel, juga jalan ke Louvre, arc de Triumph, Church in the hill, Montreil, Marocco Mosque di sudut kota Paris. Sedangkan tempat inapnya di kawasan Montreil




 Setelah jalan-jalan selama dua minggu,  akhirnya balik lagi ke Tanah air. Dan alhamdulillah dapat bonus singgah di Dubai.

0 komentar:

Posting Komentar