Masjid Agung Demak Akhirnya Jadi Setting Film

Masjid Agung Demak Akhirnya Jadi Setting Film


Setelah menunggu puluhan tahun sejak dijadikannya masjid Agung Demak jadi setting film Kartini saat aku masih duduk di bangku TK, akhirnya masjid ini jadi setting film lagi.

Meski memang bentuknya sederhana, tapi sejarahnya itu lho yang dahsyat. Buat yang belum pernah ke sini, yuk datang! *macak jadi guide tour dan brand ambassador Demak Tour:D*
Selain ada  Masjid Agungnya di kota Wali ini,  juga ada makam Sunan Kalijogo di Kadilangu dan beberapa destinasi lain. Film Kukejar Cinta Sampai Negeri Cina besutan sutradara Fajar Bustomi juga menampilkan  penampakan masjid Agung Demak yang terkenal ini. 

Aku sempat foto dengan dua pemain utamanya lho,  kangmas Adipati Dolken dan Eriska Rhein :D
Dian Nafi
Dian Nafi
Masjid Agung Demak  termasuk artefak bersejarah yang sangat berharga.  Saat ini kawasannya telah  diperindah, diperbarui. Pelataran yang tadinya berupa hot mix dan paving block abu-abu diganti dengan keramik dan granit. Konsepnya meniru pelataran di masjidil Haram  Mekkah dan masjid Nabawi Madinah.
masjid agung demak
Tak ada lagi tampak  kotor, jorok dan semrawut dengan para pedagang kaki lima dan pedagang tiban, dialun-alunnya. Sekarang tertata lebih rapi, cantik dengan tetanaman serta paving yang memanjakan pedestrian alias pejalan kaki. Utamanya bagi para peziarah dan pengunjung masjid Agung Demak.
alun alun masjid agung demak
pedestrian masjid agung demak
Pujasera alias pusat jajanan serba adanya juga direnovasi sehingga lebih nyaman dan representative. Sekarang  di kawasan pujasera tersedia payung-payung hijau yang meneduhi meja dan kursi-kursi makan .
tempat makan sekitar masjid agung demak
Kios-kios souvenir juga  ditata lebih rapi demi kenyamanan para wisatawan, sehingga tidak ada lagi kesan kumuh dan semrawut seperti dulu.
souvenir dekat masjid agung demak

Raja pertama di kerajaan Demak   bernama asli Hasan atau  Jinbun (nama  cina-nya) ini adalah putra dari Raja Majapahit Prabu Brawijaya V dengan Siti (Sayyidati) Murtasimah (Putri Campa)
So nggak heran ada delapan soko/tiang dari kerajaan Majapahit yang menjadi penyangga teras masjid Agung Demak ini.
tiang masjid agung demakJuga kita temukan piring-piring khas Cina dan Tiongkok peninggalan Putri Campa di  dinding-dinding masjid.
piring putri campa
Masjid yang didirikan Wali Songo ini penyangga utamanya berupa empat soko  guru peninggalan Sunan Ampel, Sunan Bonang, Sunan Gunung Jati dan soko tatal yang terkenal peninggalan Sunan Kalijogo.

soko guru masjid agung demak
Kenapa soko buatan Sunan Kalijogo disebut tatal dan bagaimanakah bentuk aslinya? Kita bisa melihatnya langsung di Museum Masjid Agung Demak.
museum masjid agung demak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Adbox

@diannafi