Imlek, Gus Dur Dan Negeri Compang Camping

Imlek,  Gus Dur Dan Negeri Compang Camping


Eh tahu-tahu  sudah mau Imlek lagi ya:)

Entah kenapa kalau ngomongin Imlek sering keingat Gus Dur ya? Mungkin karena beliau lah yang menjadikan Imlek ini bisa diperingati dengan resmi di negeri kita tercinta ini.

Jadi inget saat  kemarin Haul Gus Dur juga baru saja diperingati. Waktunya berdempetan tuh. tanggal 24 Desember Maulid Nabi Muhammad, tanggal 25 Desember Natal dan tanggal 26 Desembernya Haul Gus Dur. Dan netizen pun ramai seperti biasanya.

Gus Dur lagi-lagi disebut waktu netizen pro kontra masalah LGBT (Lesbian Gay Biseksual Transgender)

Memang beliau ini fenomenal sekali. Aku pernah baca buku biografi tentang beliau berjudul MATA PENAKLUK. Jadi tahu kalau beliau yatim juga seperti anak-anakku, seperti pak Habibie juga.

Keluasan wawasan, ilmu dan kebijaksanaannya lah yang membuat beliau tidak cupet dan sempit serta sesat pikir. Meski sebagai manusia biasa, tetaplah beliau memiliki kekurangan-kekurangan  juga.

Negeri kita Nusantara yang besar dan luas serta berbhinneka ini memang butuh lebih banyak lagi sosok macam Gus Dur yang bisa  diterima banyak kalangan. (Walaupun ada  juga kalangan yang tidak saja tidak respek  pada beliau, namun juga mencemooh dan memojokkan)


Menurutmu, sosok siapa yang kiranya bisa seperti semacam beliau di tengah morat-maritnya Negeri kita yang compang camping sekarang ini?








2 komentar:

  1. Saya blm pernah baca biografinya beliau. Tapi baca2 quotes2nya pernah. Keren juga emang beliau ini. Pemikirannya luas!!

    BalasHapus
  2. semoga kita bisa meneladani hal-hal yang baik dari beliau :)

    BalasHapus

Adbox

@diannafi