Traveling ke Makam Kalinyamat, Museum Kartini dan Pantai Bandengan Jepara

 


Alhamdulillah pada 24 November lalu, dian nafi dari hasfa institute berkesempatan untuk ikut traveling ke Makam Kalinyamat, Museum Kartini dan Pantai Bandengan Jepara. Agenda jalan-jalan ini merupakan rangkaian acara dari gelaran Kongres Ulama Perempuan Indonesia ke-dua alias KUPI2 yang berlangsung dari 21-26 November 2022. 



Baca juga rangkaian acara lannya dari Kongres Ulama Perempuan:


Karena keterbatasan armada bis yang disediakan dinas pariwisata jepara, hanya ada 250 peserta dari total 1200 peserta terdaftar di KUPI2 yang bisa ikur kunjungan ziarah dan napak tilas sejarah ulama perempuan di Jepara ini. 
Pada kunjungan pertama, kami semua ziarah di makam Kyai Amin Soleh di kawasan pemakaman sekitar empat sampai lima kilometer dari lokasi pesantren Hasyim Asy'ari Bangsri Jepara. 

Rombongan berdoa dengan khusyu di bawah pepohonan rindang dan diayun sepoi angin-angin yang bikin ngantuk. Duh, enak banget suasananya. Adem dan ayem. 



Rombongan napak tilas Ratu Kalinyamat dan Kartini ini lalu bergerak ke Museum Kartini. Meskipun sudah beberapa kali ke tempat ini, tetap saja writravelicious tergelitik untuk ikutan. hehe. Soalnya penasaran ada apa yang baru di museum itu. 




Ternyata gak ada yang baru, kecuali tambahan fasade kayu yang menjulang dan malah mengambil space, membuat kawasan menjadi terasa sempit. Waktu aku tanya ke petugas museum, mereka bilang itu bantuan dari Jakarta. Oh okeyy..





Dari Museum Kartini, kami bergerak menuju makam Ratu Kalinyamat di Mantingan. Aku juga sudah beberapa kali ke sini sebenarnya. Hehe. tapi kan rombongannya lain-lain, jadi pasti suasana dan vibe-nya berbeda dan beragam.  Kali ini berkunjungnya dengan rombongan ulama perempuan. 

Alhamdulillah jadi kenal Profesor Nina Nurmila juga bu nyai-bu nyai serta ulama perempuan dari berbagai lembaga lainnya. Memang jalan-jalan adalah salah satu media bonding dan networking yang seru. Karena suasananya lebih cair dan fun. 



Kunjungan terakhir ke pantai Bandengan Jepara. Pantai sini juga sudah tak asing bagiku, karena  beberapa kali berkunjung dengan berbagai event dan rombongan yang berbeda. kali ini aku berkesempatan barengan para kupi muda yang energik dan seru. 








Sayangnya kami tak bisa lama-lama karena harus kembali ke venue. Sebab jam tujuh malam ada acara pembukaan Kongres Ulama Perempuan Indonesia KUPI 2. 

Posting Komentar

0 Komentar