Bualan-Bualan Dari Semarang

Bualan-Bualan Dari Semarang

Gambar
Bualan-Bualan Dari Semarang bareng Yusi Avianto, AS Laksana, Triyanto Triwikromo adalah salah satu panel Festival Literasi  Patjar Merah Semarang
Beberapa Panel di Festival Literasi dan Pameran Buku Patjar Merah Semarang lainnya:

Kesan thd smg Semarang, panas, sumuk, wayang, nyamuk,p tri kena db saat pertama kali ke smg shg trauma tp hrs berthn, berkarir dlm sastra di smg itu mengerikan. M jawahir dkk gojlok pendatang,bully

Org2 bs lolos dr bully dg karya Smrg sbg pancatan kreatif dlm latarnya. Cerpen lawang sewu. Masuk susah keluar, dr konteks itu saja sdh menarik. Kuncer m tri diterjemahkan ke bhs perancis n bhs arab. Makam menjorok ke laut, dianggap realisme magis pdhl beneran ada.ikan terbang

Smrg memberi persoalan sekaligus solusi Saat berjarak dg tembok, kita bs lihat hal2 lbh drpd kalau mepet tembok Saat M yusi di smrg, terasa tdk istinewa. Saat berjarak, potensi smrg jd bhn cerita sgt luar biasa. Kyk bonanza, gali dikit aja lgs dpt bahan Ketemu teman sma,teng2

Krn py ikatan dan ada cara pandang khusus, smrg jd klhtn menarik Monumen yg kt lihat sehari2 tdk menimbulkan awesomeness M sulak: semua yg pertama ditemui ada di smrg Rmhnya jd markas preman2 Tdk ada yg sekolah di sekitar, kerjaan cari kodok n jimat2 Makin tdk sekolah,mkn sakti

Preman2 habis stlh ada petrus M sulak khlgn cerita2 Pura2 bikin wawancara dg org yg ditemui saat gambar di jalan, shg jd tokoh khayalan. Krn gak pernah ketemu, jd membayangkan sendiri, cerpennya jd 8 th kemudian.


Mjd org smrg di luar smrg tdk mudah, krn kekhasannya dianggap sbg perangai yg menyebalkan. Ktk kembali ke smrg, denger yo iyo tho yo, jd lucu Yg lucu2 jd pemantik Ayah m yusi dulu ngantor di soesman ternyata Tiap kampung py premannya sendiri Kampung m yusi dkt syarikat Islam....cikal bakal pki
Kulinernya ngangeni 1985 p tri masuk smrg. Byk kejutan. Kalimat2 yg muncul saat org2 minum chongyang, cocote dll. Di salatiga gak ada Simetris = netral Dlm konteks bhs, bikin tercengang tp menarik Msk kebonharjo, klo laki2 gali,kalau perempuan pasti lonte

Cerpen anak2 masokism. Sutradara dedy setiadi bikin film itu Bertolak dr keguncangan, krn di salatiga hidup di alam sejuk Mancolo putro, ajer dg lingk itu Hasilnya teks2 yg khas, meski tdk pernah menyebut nama semarang Rahim api, cerita ttg perkosaan mei, setting klentng gg pingr

Pertemuan dg smrg yg tdk harmoni justru bs nulis smrg dr pinggir. Dr martimnya, yg dekat pelabuhannya. Bukan dr dalamnya Bebek smrg paling enak di dunia (heh? Mana tuh) Seluruh hal ttg smrg dimiliki m sulak. Setting dlm mimpi juga smrg Gak pernah bs ditanggalkn dr ingatan

Pdhl tinggal di jkt lbh lama drpd smrg. 93-2019. Tp tdk pernah merasa sbg org jkt Nulis jd kesempatan utk mengeluarkan hal2 yg rak pernah lepas dr ingatan. Tp tdk pernah nulis utk koran smrg krn takut pd lingkungan sastra di smrg. Smua tanpaik hbt. Tdk mau bertarung dg org2 dalam

Sekali nulis cerpen di kartika. Krn ingin org2 baca M tri ingin smrg lahir scr implisit. Sulak scr eksplisit agar anak2 bangga dg smrg Org smrg itu pengeluh profesional Ex. Saat dtg ke pesta, carang ngene yo enak tho yo Gayanya spt mengeluh, meragukan segala sesuatu.

Rasa kesemarangan susah dibahasaindonesiakan Kalau dlm konteks sastra, org2 sastranya sangat menyebalkan Setting 1920 an diterjemahkan bhs inggris, perancis n belanda, menyebut semarang dg lugas Sejak surga sungsang, tdk lagi menyebutnya. Makin dekat dg lokus,makin mengaburkn

Kemengeluhannya juga disebut org2 semarang, mgkn krn jauh jarak waktunya 1920 Spt baju, makin mbalungsungsum makin gak terlihat Ada yg menjauh dn mendekat dlm diri p tri thd smrg Ktk pwnulis mencipta karakter pasti ramuan dr muatan2 yg dia paling kenali. Ex ayah,ibu,teman2

Tp gak bs dikenali lagi krn perpaduan dr yg menjengkelkan dan yg dirindukan Smua bantah, dipuji sj bantah Kowe kok pinter dik.Yo ora tho yo Stlh ngeyel, hrsnya dilanjutkn lagi Krn gak bs menaklukkan dr dlm, sulak mau menaklukkan dr luar Ali lthn tinju krn ingin berani lwt lrg

Nirwan dewanto sj dibantai saat di undip. Sulak ingin tdk gentar tiap balik smrg, so dia jd hebat dulu Mokong,ngeyel dosia pol2an, mbantah dulu, gak mau mundur Anak2 gerhana setting smrg Umpatan2 di novel raden mandasia tdk khas umpatan smrg Hy bs berlaku di setting smrg

Makian jogja, halagh prek Makian solo, ndlogok Cita2 m tri nulis dlm bhs jawa agar bs smrg banget Tiap hari penulis itu riset Tdk mgkn dpt bhn klo tdk mencermati dtg ke mana, pasti cari ssuatu yg bs ditulis Lewat sekayu, kampung ayah p sulak, membentuk gambar,yg diamati jd kuat

Kalau ceritanya tdk menarik, tdk akan dibawa obrolannya pd teman Apa dr smrg yg bs dibagikan Tdk ngoyo, tdk merasa hrs memindahkan bhs smrg ke bhs indonesia Bhs indonesia hrs digunakan dg sebaik2nya Pernah terdorong memasukkan warna lokal spt tohari, umar kayam. Tp jd epigon

Jd epigon buat apa. sdh ada orgnya Pernah nulis spt siapa saja yg disukai. Tp hilamg keinginan itu ketika dtg hasrat membela bhs indonesia. Penulis menguasai bhs indonesia tp tdk menggunakannya dg baik Yg memyenangkan adl menonjolkan kekiatan tulisan org. Tp suka jengkel dg ..org yg meremehkan bhs indonesia
Menyegarkn ingatan dg kunjungan ulang ke lokasi. Karat yg sulit lepas, nancep Cah wetan kali gak boleh dpt cah kulon kali Disiplin wartawan merasa hrs riset Py pengethuan cukup agar memelintiirnya enak

Jawahir muhamad nulis jembatan berok.dll Kreatifitas ketekunan berelasi dg smrg, mengekspresikan Bu Dini membiicarakan scr eksplisit Ngesti pandowo Sekayu Belajarnya tdk lagi ke org2 smrg Koran SM Ambil yg baik

Ceepenias smrg anggoro suprapto Mengagumi semua shg jaga jarak Bs ngomong sama bu nh dini bariu2 saja Menulis dg afeksi Semnagat2 bermaiin Nubggu ssri metien Menuljs dg cinta Jd birokat dikbud Byk yg rawat Sejarahnya dirawat tp.berguna utk kekinian Blkgn muncuk ktk kapital

Kwsan kota lama diusulkan sbg heritage Arsitek berlomba2 utk menjaga Ternyata hy kapitalism yg menghidupkan Tp ramainya artifisial, terlalu byk hal baru shg karakternya hilang Pecinan juga unik Pendrikan Sbg kota peninggalan belanda, sgt menarik.

Ada bergota,kubburan si bulit. Kampung org2 melayu Bu wawali buat 3buku. Smua gedung dibuat narasinya Rg2 kebudayaan di smrg 80 an byk Penyair2, teater, main di tbrs. Tp tbrs dbelah jd 2. Utk wonderia Ruang seni rupa. Gallery,dr cipto Kritik di smrg sg bhs.kawah cnd

Karakter barutikungnya masih ada. Yg dipersoalkan bukan omomgannya tp legimitasi Berhasil mlipir Kritik adl apresiasi bg karya yg bagus Sastra itu karya yg kompleks Menyajikan kompleksotas. Perlu jembatan, kritik sastra. Klo karya tdk bagus, tdk latak dibicarakan

Kalaumau memahami Kritik hy ada dlm bhs tertulis Dlm budaya lisan, yg ada empu Tawaran pemikiran, cara membaca yg berbeda Membiacarakn sastra sng Yg muncul buku Rg buadaya utk lebih baik Berkarya hrs memperhatikan, bukan utk diperhatikan Perpanjang analisis,luaskan enpati

Bwlajar tata bhs malah buruk Gak ada yg bs diingat Tdk mengajarkan apa2 kecuali kerumitan Lbh mdh pahami tata bhs dr belajar inggris Membela bhs indo. Masih muda tp dilukai sana sini Seolah warna lokal cenderung menang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Adbox

@diannafi