SURABAYAJoss - Perempuan. Mahluk yang selama ini dianggap lemah dan identik dengan urusan domestik ternyata memiliki kekuatan tersembunyi yang dahsyat. Tidak banyak yang tahu bahwa banyak yang bergejolak di dalam pikiran perempuan di balik ketenangan yang ditunjukkannya.


​Kalimat “Hidup Ini Indah, Beib” berawal dari celetukan Wina  saat sedang dalam perjalanan ke luar kota. Celetukan yang semula terdengar main-main ini ternyata menjadi inspirasi untuk mengumpulkan tulisan esai para perempuan, yang sebenarnya menyimpan banyak masalah, namun masih bisa tersenyum dan menjalankan aktivitasnya dengan lancar.

Menurut Wina, semula tim HIIB hanya mengajak sahabat, teman, dan kerabat perempuan yang dikenal untuk menulis. Namun saat diumumkan melalui media sosial, ternyata banyak perempuan yang tertarik menulis, meski tidak saling kenal. 

Akhirnya melalui seleksi yang cukup ketat, terkumpul 50 judul tulisan dari 36 perempuan yang menulis. Ya, perempuan yang menulis, karena banyak di antara mereka yang bukan penulis, bahkan tidak pernah menulis esai sebelumnya.

​Selain Wina Bojonegoro, tercatat nama-nama Endri Kurniawati, Dian Nafi, Yulfarida Arini, Titie Surya, Vika Wisnu, Didi Cahya, Evie Suryani, Dian KD, Dian Nafi yang memang aktif menulis baik sebagai penulis buku maupun jurnalis.

Namun ada juga nama Ellen Pratiwi yang notabene praktisi radio, Juli Kristina dan Inung, karyawati yang menyempatkan diri untuk menulis, atau Umi Sukasno dan Herning, para istri yang pernah disibukkan dengan urusan kerja namun memutuskan menjadi ‘full time housewive’. 

"Masih banyak nama lainnya yang selama ini belum pernah menulis esai, apalagi dibukukan," katanya melalui keterangan pers, Selasa.

​Dengan pengantar dari Sirikit Syah, dan ulasan akan disampaikan Dukut Imam Widodo secara live, diharapkan buku ini bisa menjadi pemacu semangat para perempuan untuk memulai aktif menulis dan mendokumentasikan apa yang menjadi pemikirannya, sekaligus mengajak para lelaki untuk dapat lebih memahami jalan pikiran para perempuan dengan membaca buku ini.

​Setelah mengalami ‘penggodokan’ selama hampir setengah tahun, 5 Juni 2014 menjadi tanggal launching resmi buku berisi 50 kisah inspiratif para perempuan indonesia, Hidup Ini Indah,Beib. 
Semoga dapat menjadi tonggak kebangkitan budaya literasi perempuan Indonesia. 


sumber : http://beritajoss.com/single.php?id=1578&jenis=Gaya%20Hidup&judul=Penulis_Perempuan,_Launching_Buku_HIIB