Tips Menulis Helvy Tiana Rosa

ebarapa tips yang dibagikan oleh Mbak Helvy, yaitu:
Pertama: jadikan menulis kebiasaan, seperti gosok gigi, ketika kita tidak gosok gigi maka kita merasa tidak enak. Seperti itupun juga jika kita terbiasa menulis maka kita akan merasa ada yang kurang jika kita tidak menulis.
Kedua: latihan yang banyak, latihan menulis dimulai dengan menulis buku harian atau kita menulis apa saja minimal satu paragraf per hari.
Ketiga: jika ingin jadi penulis maka menulislah, ibarat kita melihat orang yang pandai kung fu selama 20 tahun kita hanya melihat saja tanpa latihan maka kita tidak akan jadi ahli kung fu. Begitu juga dengan menulis, jika ingin jadi menulis kita tidak hanya melihat penulis dan kagum saja. Tapi kita harus mempraktekkannya dan latihan.
Keempat: menulis harus bisa dimengerti oleh diri kita sendiri dan juga orang lain.
Kelima: kualitas dan produktif. Tulisan yang kita buat harus berkulitas dan juga sebagai penulis kita harus produktif.
Keenam: menulis adalah salah satu bentuk terapi. Ketika merasa sedih, gembira, ingin melakukan sesuatu atau mengungkapkannya, kita bisa menuangkan semua itu dalam tulisan. Membuat hati menjadi tenang.
Selain itu, Mbak Helvy mengatakan “menulis bagi saya adalah perjuangan menyampaikan sesuatu, melawan kezaliman dan ketidakadilan.

saya dan mbak helvy di malam anugerah novel DKJ Di TIM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Adbox

@diannafi