Mary of Nazareth

Alhamdulillah, akhirnya mengkhatamkan novel Mary of NAzareth. sebuah buku yang saya dapatkan dari memenangkan sebuah lomba menulis.

Berkisah tentang Maria atau Maryam, ibunda Isa atau Jesus. Ditulis oleh Marek Halter, diterjemahkan oleh Rini Nurul dan diterbitkan Penerbit Imania (yang  juga menerbitkan bukuku Miss Backpacker Naik Haji)

Membaca novel ini, membukakan wawasan kita tentang situasi di waktu itu di Nazareth. Bagaimana latar belakang dan kondisi keluarga Mary. Juga keberanian dan kualitas dirinya.

Bagaimana dia bertemu Barabbas, seorang pemimpin kelompok pemberontak yang melawan tirani Herodes.
Bagaimana dia bertemu dengan Abdias, bocah yang turut menyelamatkan ayahnya Mary-Joachim- dari kekejaman kelompok Herodes.
Bagaimana dia tinggal dan belajar bersama Rachel&Maryam di Magdala.
Bagaimana dia bertemu dan belajar dari rabi/rahib Joseph d arimatea yang memimpin para bruder Essene di Beth Zabdai, tersebab mengantar jasad Abdias untuk dihidupkan kembali.
Bagaimana dia belajar ikhlas atas rasa kehilangan, pengabdian dll dari Ruth, seorang pelayan di Beth.
Bagaimana dia kembali pulang ke Nazareth untuk ayah ibunya. disertai orang-orang yang mengasihinya, Ruth dan Maryam.
Bagaimana dia menolak lamaran Barabbas, meski mereka saling mencintai.
dan akhirnya bagaimana Mary akhirnya mengandung Isa/Jesus tanpa suami.

Semuanya diceritakan dengan sangat bagus, mengalir. Penokohan dan settingnya detail dan kuat. Plot serta konfliknya juga berasa/terasa.

Pingin bisa membuat novel yang seindah dan sebagus ini. Aamiin.

Penulisnya melakukan riset yang sangat lama dan mendalam untuk menulis ini. Dia membagi kisah risetnya di bagian belakang buku. However, saya masih ingin membaca Maryam dari versi Alquran/muslim, untuk information balancing.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Adbox

@diannafi