Cireng Nasi buat Bekal Traveling

Cireng Nasi buat Bekal Traveling 



Tiap kali bepergian alias traveling, aplaagi yang jauh jaraknya, pasti penginnya membawa bekal. Selain bisa mengirit alias menghemat pengeluaran, juga kita bisa memanfaatkan barang yang sudah ada.  Apalagi kalau-kalau di jalan ternyata kita tidak menemukan tempat jajan, karena jauh dari peradaban, kan berabe. Bisa kelaparan euyyy....


Aku inget banget waktu jalan-jalan ke destinasi wisata di Belanda yang ada banyak kincir angin  dan ikon sepatu besarnya, berbekal jajanan yang kubungkus dalam plastik-plastik. Aku berangkat dari Leiden sehabis subuh, naik kereta ke Amsterdam. Nah teman-teman para peserta konferensi lainnya yang menginap di kota-kota lain, juga memanfaatkan free time kali ini untuk jalan-jalan. Kamis semua berkumpul di Amsterdam Central.  Dari sinilah kami barengan melancong ke beberapa destinasi wisata seputaran belanda. Alhamdulillah banyak kota-kota dan tempat-tempat wisata di Belanda yang akhirnya aku kunjungi,  Volendam,  Zaanse Schan, Denhaag, Delft, Rotterdam, Utrecht dll. 


Jalan-jalan mengelilingi Zaanse Schan yang sangat luas tentu menguras energi juga. Padahal belum jatah makan siang nih. Karena rencana makan siangnya kami di tengah kota Amsterdam lagi saja, setelah sholat Jumat di salah satu masjid yang menempati gedung bekas gereja. Demi mengisi perut keroncongan itulah, snack-snack dan jajanan kecil yang kubawa dalam plastik-plastik ini sangat berguna. Aku dan teman-teman menikmati cemilan ini sambil duduk santai di bangku-bangku panjang depan gallery sepatu-sepatu lucu di Zaanse Schan. Alhamdulillah, untung saja bawa cemilan ya. 


Jadi tiap kali jalan-jalan, aku berusaha selalu membawa jajanan kecil dan air putih. Belakangan ini semakin banyak tips yang lalu lalang di media sosial baik instagram, facebook, twitter, tiktok dan youtube yang menyajikan resep membuat cemilan enak. Termasuk jajanan yang lagi hits sekarang, seperti cireng dan semacamnya. Dan bahannya ternyata juga tidak sulit didapat. Seperti cireng nasi ini yang bisa dibuat dari sisa nasi yang tidak habis dimakan. Hemat banget kan. Cukup memakai tepung bumbu yang sedap, sisa nasi bisa disulap menjadi cireng nasi yang lezat. 





Kobe Tepung Bumbu Putih mempunyai formula baru sekarang. Dia hadir dengan konsep tepung bumbu modern dan  punya keunggulan yang unik. Tekstur tepungnya sendiri berbentuk kristal dengan butiran tepung renyah mampu membuat lapisan gorengan menjadi lebih krispi dan lebih tebal.  Selain untuk gorengan cocok untuk jajanan kekinian seperti aci telor. KIta bisa lho membuat aci telur sendiri di rumah karena caranya sangat  mudah. Kalau lihat di sosmed aja, makanan viral ini tamapk menggiurkan karena terbayang sensasi aci yang kenyal. Oh ya, Kobe Tepung Bumbu Putih ternyata tanpa pengawet dan tanpa pewarna buatan. Butiran tepung kristal membuat hasil lapisan lebih krispi dan lebih tebal. Teksturnya lebih garing dan kerenyahannya lebih tahan lama. Tepung kobe mengandung tepung tapioka sehingga dapat membuat masakan lebih kenyal dan juicy jika dijadikan sebagai campuran bahan. Karena gluten free, tanpa pengawet dan tanpa pewarna buatan, jadi aman untuk mereka yang sedang diet dong.


Bahan Cireng Nasi Kobe

200 gr nasi putih

100 ml air

1 bungkus Kobe Tepung Bumbu Putih (75 gr)

10 gr daun bawang

minyak goreng secukupnya

Bahan Bumbu Rujak

1 sendok makan kacang tanah (digoreng)

100 gr gula merah

terasi secukupnya

50 ml air hangat

1 sachet BonCabe level 10, rasa Original

1 sendok makan air asam

Nih cara membuat Cireng Nasi Kobe:

Aduk 200 gr nasi dengan 100 ml air. Campurkan 1 bungkus Kobe Tepung Bumbu Putih 75 gr dan 10 gr daun bawang. Aduk hingga tercampur rata. Panaskan minyak dalam wajan. Setelah panas ambil 1/2 sendok makan adonan, goreng hingga kuning keemasan. Cireng Nasi Kobe siap disajikan.

Kalau cara membuat Bumbu Rujaknya juga mudah:

Haluskan kacang tanah, gula merah, terasi dan air hangat. Tuang BonCabe level 10. Campurkan dengan air asam dan aduk hingga rata. Bumbu rujak siap disajikan sebagai cocolan Cireng Nasi Kobe.

Gampang kan?  Yuk kita coba!


0 Komentar