Liburan ke Semarang

Liburan ke Semarang


Punya bukit, perkotaan sekaligus pantai membuat Semarang menjadi kota yang istimewa. Tidak salah jika Semarang menjadi salah satu destinasi yang bisa dipertimbangkan untuk mengisi liburan. 
Jadi, bisa ke mana aja nih kalau



Down Town
Di kawasan tengah kota, kita bisa pergi mengunjungi kota Lama Semarang yang sangat terkenal. Ada banyak sekali bangunan kuno heritage peninggalan kolonial belanda yang arsitekturalnya sangat bagus dan artistik.  Kawasan kota lama terus berbenah dan beberapa kali direnovasi agar bisa tampil  semakin cantik menarik dan nyaman bagi turis lokal ataupun manca negara.  Kawasan kota lama ini bisa kita nikmati dengan walking tour alias jalan kaki.  Pemerintah dalam hal ini dinas pariswisata juga menyediakan bis gratis untuk wisata dalam kota Semarang termasuk kota lama Semarang. 

Spot- spot cantik bertebaran di sepanjang perjalanan walking tour kota Lama Semarang. Kita bisa berfoto dengan latar belakang gereja Blenduk. Baik dari arah utara  setelah menikmati rindangnya taman sebelah gereja blenduk maupun dari arah timur. Sama bagusnya.
Gedung Marba, gedung Spiegel dengan jendela-jendelanya yang tinggi juga sangat menarik. Warna merah ekspos bata bangunan membuat kawasan kota Lama Semarang ini semakin hangat.

Berjalan dari kota lama ke arah selatan, ada tugu muda. Sebuah monumen untuk memperingati pertempuran antara rakyat Indonesia melawan penjajah Belanda pada saat itu. 



Jangan lupa untuk mengunjungi kuil sam po khong. Kawasan dengan bangunan tradisional china berwarna merah menyala menjadi background photo bagi banyak wisatawan. Baui juga wangi dupanya saat berjalan jalan di kawasan peribadatan konghu chu ini. Aku bareng anak anak juga punya dokumentasi berfoto di bawah patung super besarnya Laksmana Ceng Ho yang menjadi pendakwah Islam di masa kedatangannya ke tanah jawa dwipa ini. 

Daerah Semarang Atas
Di Semarang atas ada vihara di pinggir jalan tanah putih. Kalau kita bergerak ke arah barat atas, ada destinasi di manyaran. Beberapa spot tempat makan yang luas yang dilengkapi area bermain dan olahraga. Di gunung pati juga banyak hutan yang dikelola oleh para creativepreneur jadi destinasi wisata.
Jika kita bergerak ke arah ungaran, ada chimory juga kebun kopi. Hawanya segar sekali saat kami berkeliling naik mobil mengitari kebun dan menikmati pemandangan semarang dan sekitarnya  dari atas bukitnya.

Daerah pantainya
Semarang punya pelabuhan bernama Tanjung Emas. Dari pelabuhan ini, aku dan adik-adik juga keponakan pernah menyeberang naik kapal ke karimun jawa. 

Pantai tanjung emas sendiri bisa kita akses dari jalur jalan yang lebih ke arah selatan. Tapi jangan bayangkan kayak di bali atau lombok atau jepara ya. Pantaimya lebih banyak terdiri batu batuan hitam yang besar besar. Ada sih pasirnya juga  tapi tidak dominan. 

By the way, kita masih bisa dapat pemandangan bagus kok di pantai ini. Baik saat sun rise alias matahari terbit ataupun sunset alias matahari terbenam. 
Selain destinasi wisata alam dan monumen juga kawasan kota, Semarang juga punya pesona wisata budaya. Ada dugderan, tradisi menyambut bulan ramadhan dengan arak arakan yang khas karena ada warag ngendognya. Warag ngendog adalah sebuah maskot kreasi yang memadukan antara budaya arab  jawa dan china yang kesemuanya menjadi bagian dari semarang yang beraneka ragam penduduknya. 
Ada banyak lagi tempat tempat di Semarang yang bisa dikunjungi saat liburan. Bahkan beberapa tempat makan juga menyediakan spot spiot menawan seperti suasana suasana di Eropa. Jadi sekai dayung, dua tiga pulau terlampaui. Dapat makan  dan sekaligus berwisata. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Adbox

@diannafi