Penyair Swedia Tranströmer Raih Nobel Sastra 2011


Hadiah Nobel Sastra tahun 2011 diperoleh penyair Swedia Tomas Tranströmer. Demikian diumumkan komite hadiah Nobel di Akademi Kerajaan Swedia, Kamis (06/10) di Stockholm.
Tomas Tranströmer
Tomas Tranströmer lahir tahun 1932 di Stockholm. Ia mengambil kuliah psikologi, sejarah sastra dan agama pada tahun 1950-an. Kumpulah sajaknya sudah diterjemahkan ke dalam sekitar 30 bahasa. Sejak beberapa tahun terakhir ia sudah difavoritkan untuk memperoleh hadiah Nobel. Sajak karya Tomas Tranströmer antara lain 'Landscape with Suns', 'The Sorrow Gondola'.
Tranströmer terkenal akan karya surealisnya, tentang rahasia jiwa manusia. Sejak menderita serangan jantung pada tahun 1990, pria berusia 80 tahun itu hidup menarik diri di kota kelahirannya Stockholm. Terakhir pada tahun 2004, Tranströmer mempublikasikan kumpulan sajaknya Teka Teki Besar.
Hadiah Nobel Kejutan bagi Keluarga Tranströmer
Paula Tranströmer, anak perempuan penyair Tomas Tranströmer, mengatakan, penganugerahan Nobel Sastra kepada ayahnya merupakan hal yang benar-benar mengejutkan bagi seluruh keluarganya. Kepada kantor berita Jerman dpa di rumahnya keluarga Tranströmer di Stockholm, Paula Tranströmer mengatakan, "Bagi Papa para pembacanya yang paling penting." Lebih lanjut dikatakannya, "Kami sebagai keluarga sama sekali tidak mempersiapkan diri. Sekarang kami harus membeli vas bunga untuk semua bunga-bunga ini."
Pemenang Nobel di bidang sastra seperti peraih Nobel di bidang lainnya memperoleh hadiah berupa uang sekitar 1,1 juta Euro.  Hari Jumat (07/10) akan diumumkan pemenang Hadiah Nobel di bidang Perdamaian untuk tahun 2011.

sumber : http://www.dw.de/penyair-swedia-transtr%C3%B6mer-raih-nobel-sastra/a-15441914

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Adbox

@diannafi