Writravellicious Goes To Kampus Al Azhar

Writravellicious Goes To Kampus Al Azhar

Alhamdulillah seneng banget writravelicious berkesempatan diundang ke Kampus Al Azhar untuk mengisi pelatihan menulis bagi siswa-siswa SMP. Dalam lebih dari 10 kali kunjungan untuk sesi kelas menulis inilah, terasa sekali aura kenyamanan dan suasana kondusif yang mendukung kegiatan  belajar mengajar dan pendidikan karakter.


Kampus SMP Al Azhar ini adalah salah satu dari banyak kampus dan sekolah yang berada di bawah naungan YPI Al Azhar.
Yayasan Pesantren Islam (YPI) Al-Azhar itu sendiri didirikan pada tanggal 7 April 1952 oleh empat belas orang tokoh Islam dan pemuka masyarakat di Jakarta, dengan nama Yayasan Pesantren Islam. Salah seorang pencetus gagasannya ialah dr. Syamsuddin, Menteri Sosial RI ketika itu, yang didukung oleh Sjamsuridjal, yang pada waktu itu adalah Walikota Jakarta Raya.




Yayasan Pesantren Islam memperoleh sebidang tanah yang terletak di daerah Kebayoran yang pada waktu itu merupakan daerah satelit dari Ibukota Jakarta. Di atas tanah itulah pada tahun 1953 mulai dilaksanakan pembangunan sebuah masjid besar dan rampung pada tahun 1958, yang kemudian dinamakan Masjid Agung Kebayoran.


Pada tahun 1961 Mahmoud Syaltout, Grand Syekh Al-Azhar Cairo ketika itu, mengunjungi tanah air sebagai tamu negara dan menyempatkan diri singgah di Masjid Agung Kebayoran. Kedatangan beliau disambut oleh sahabatnya Buya Prof. Dr. Hamka, Imam Masjid Agung Kebayoran, yang dua tahun sebelumnya dianugrahi gelar Doctor Honoris Causa (Ustadziyah Fakhriyah) oleh Universitas Al-Azhar Cairo. Dalam kesempatan itu Syekh Prof. Dr. Mahmoud Syaltout berkenan memberikan nama Al-Azhar untuk masjid tersebut sehingga nama resminya menjadi Masjid Agung Al-Azhar.






Visi Pendidikan YPI adalah mewujudkan cendikiawan muslim yang bertaqwa dan berakhlak mulia, sehat jasmani dan rohani, cerdas, cakap dan terampil, percaya pada diri sendiri, memiliki kepribadian yang kuat, berwatak pejuang dan memiliki pula kemampuan untuk mengembangkan diri dan keluarganya serta bertanggungjawab atas pembangunan umat dan bangsa.
 Kampus SMP Al Azhar ini juga berdekatan dengan kompleks bangunan SD Al Azhar lho.

Proses pembelajaran tahun pelajaran 2016/2017 dari jenjang KB-TK, SD, SMP, SMA Islam Al Azhar di bawah naungan YPI Al Azhar dengan pengendalian, pengontrolan, serta penjaminan mutu dari Direktorat Dikdasmen YPI Al Azhar dapat terlaksana sesuai dengan visi pendidikan YPI Al Azhar



Narasumber dan referensi dalam kegiatan YISC Al-Azhar dalam 3 tahun terakhir sebagai berikut :

Para Alumni YISC, Takmir Masjid Al-Azhar, mahad Al-Hikmah, IKADI, FORSIMTA, Pengajar IAIN, LIPIA, PTIQ, UIJ, Pengajar beberapa Pesantren di Jakarta, Institusi, Ormas dan Lembaga Islam

Beberapa tokoh antara lain : Yusril Ihza Mahendra, Jimly Assidiqie, Hidayat Nur Wahid, Subki Al-Bughury, Reza M. Syarief, Abdullah Gymnastiar, Ahmad Safori Ismail, Attabik Luthfi, Abdurrahman Jundi, Satria Hadi Lubis, Ahmad Sarwat, Adhiyaksa Dault, Syukron M. Toha, Ahmad Yani, Imam Prasojo, Said Agil Al Munawar, Komarudin Hidayat, AM Fatwa, Din Syamsudin, Azyumardi Azra, Arief Rahman, Bahtiar Natsir, Afif Hamka, Sukeri Abdillah, Ferry Nur, Garin Nugroho, Shobahussurur, Ratna Sanumpeat, Agus Abubakar, Hartono Ahmad Jaiz, Rusydi Hamka, Suharyadi, Arifin Ilham, Suharyadi, Hatta Rajasa, Anwar Sanusi, Ade Purnama, Lthfiah Sungkar, Astri Ivo, Nasaruddin Umar, Ibnu Jarir, Syahroni, David Chalik, Mardiyanto Lc, Ahmad Muzammil, Abu A’la Al Maududi, Imanuddin Abdulrahim, Adhian Husaini, dll.





Mungkin sudah banyak yang tahu kalau banyak prestasi akademik dan non akademik diraih oleh para murid dan guru dari tingkat kota/kabupaten, provinsi, nasional, sampai dengan internasional.
Kampus yang luas, nyaman dengan hehijauan pohon dan taman, serta kerapian juga kebersihan yang selalu dijaga, membuat kita merasa dan melihat langsung begini lho yang namanya civilized, beradab, terdidik. Keren deh.


Terdapat Frame alias bingkai-bingkai berisi foto-foto tokoh-tokoh Islam terkemuka ditempel di semua kolom yang ada di kawasan sekolah. Sehingga mudah dilihat dan menarik perhatian. Setiap harinya siswa membaca tulisan inspiratif yang tertera di bawah foto, dan mengenali siapa yang ada di sana, kan lama-lama mereka mengidentifikasi dirinya dengan salah satu tokoh atau mungkin beberapa tokoh. Ya kan. Brilliant!

Salut banget dengan cara mereka memotivasi dan menginspirasi siswa-siswanya. Antara lain dengan tatanan lay out kawasan yang flow-nya bagus, seimbang antara ruang dalam dan luar.
Ruang-ruang yang mefasilitasi semua kebutuhan dalam proses belajar mengajarnya. Maupun aktifitas penunjang yang diperlukan bagi perkembangan sekolah dan murid-muridnya.




Mereka yang pernah bekerjasama dengan YISC Al-Azhar antara lain : TRUSCO Trainner, Qaf Trainer, Daarut Tauhid, Paramadina, SCTV, METRO TV, Republika, Media Indonesia, Bank Syariah Mandiri, Bank Syariah Mega Indonesia, Telkomsel, ZIS Indosat, LAZ Al-Azhar, PKPU, Dompet Dhuafa, Portal Infaq, Unilever, Bogasari, Indofood, Wardah Cosmetic, Paparon’z, Sari Roti, Pocari Sweat, Radio SK (Sentral Komedi), Radio Mustang 88 FM, Radio Dakta, Radio Hard Rock FM, Bunyan Andalan Sejati, Gema Insani, Tarbawi, Annida, Ummi, Sabili, PARAS, Majalah Muslimah, Grande Pasaraya Blok M, TAMINI, Yamaha Jupiter Club, Islamic Book Fair, IKAPI, GIP, PENA, dan masih banyak lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Adbox

@diannafi