GalaDinner Di Resto Gallery Hotel Ciputra

GalaDinner Di Resto Gallery Hotel Ciputra


Sedih itu kita dapat kesempatan menikmati gala dinner di restauran bagus. Tapi datang sendirian karena jomblo dan langsung capcus sebab dari perjalanan jauh lintas pulau. Daaaann... seketika baru ingat di tempat, kalau kita lupa tentang table manner. Duluuuuu sekali sudah pernah belajar tentang itu, tapi karena ya jarang dipraktekkan, jadi tidak begitu ingat.





Karena itu boleh ya kita bagikan table manner di sin buat bekal teman-teman yang mungkin akan gala dinner juga. Maaf kalau belum bisa posting tentang bagaimana mengatasi kejombloannya. Hahaha. Mungkin kapan-kapan kita bahas khusus yang itu. Uhuy. 


Etika Makan
Manusia,semenjak jaman purba,mungkin telah mengenal etiket makan.Kebiasaan untuk berbagi hewan buruan di jaman dahulu kala telah menjelma menjadi ritual.

Dalam budaya nusantara, etiket jamuan makan juga dikenal dalam beberapa budaya.Ragam kuliner Minang disajikan dalam "makan basamo" ada juga yang menyebut makan bajamba, begitu juga dengan kuliner budaya Jawa Tengah/Jogjakarta nasi tumpengnya.
Bagi anda yang berkecimpung di dunia bisnis, tidaklah aneh jika sekali waktu diundang relasi atau rekan kerja untuk santap malah di sebuah restoran atau hotel.Dan menjadi sebuah kenyataan jika kiblat etika makan banyak berkiblat ke Eropa (Perancis, Inggris) dan Amerika Serikat.
Berikut ditampilkan etika makan yang berlaku dan menjadi kebiasaan di Eropa dan Amerika.


  • Saat memulai
Tuan rumah atau penjamu akan memperilahkan duduk,persilahkan wanita disebelah anda untuk duduk terlebih dahulu.Tarikan kursi untuk nya, dan bantu saat duduk.
Setelah wanita dan anak-anak duduk, anda bisa untuk ikut duduk di tempat yang disediakan.
Ambil serbet atau napkin yang diletakkan dimeja atau diatas pirin,lipat menjadi 2.Boleh segitiga atau persegi panjang,dan letakkan di pangkuan anda.Fungsi dari napkin ini agar makanan yang jatuh ke pangkuan tidak mengotori celana atau gaun anda.Jangan tautkan serbet di kerah anda hingga menjuntai seperti mainan.
Makanan akan disajikan dari sisi kanan anda, jadi pastikan sisi kanan atas meja bersih dari benda-benda pribadi : tas tangan, gadget atau kotak hadiah untuk penjamu.Benda-benda pribadi tersebut menyulitkan waiter saat meletakkan piring.

Anda tidak diperkenankan meletakkan siku di meja.Batas tangan yang boleh bersentuhan dengan meja adalah pertengahan antara pergelangan tangan dan siku.

Saat makan, bukan dengan membungkuk dan mulut anda yang menghapiri sendok.Namun sendok yang mengarah ke mulut anda.

Penggunaan perlengkapan makan :sendok, garpu dan pisau mulai dari urutan terluar hingga terdalam.Soup spoon atau sendok sup biasanya diletakan di bagian atas dan bisa digunakan untuk menyantap sup sebagai hidangan pembuka

Jika anda bingung dengan banyaknya sendok dan garpu,jangan malu untuk bertanya kepada waiter yang menyajikan makanan, tentang perlengkapan yang digunakan.Dibeberapa tempat, perlengkapan makan disiapkan berbarengan dengan makanan yang disajikan, untuk menghindari kebingunan.Sebaiknya tunggu tuan rumah untuk mempersilahkan menikmati urutan makan, mulai dari makanan pembuka hingga makanan pencuci mulut.
  • Saat menyantap
Biasanya pramusaji akan mengantarkan roti, pilih salah satu dan letakkan pada piring roti.Jangan pindahkan roti dari atas piring,cuil roti dalam ukuran kecil.Dan dengan pisau roti yang sudah disiapkan olesi dengan butter atau margarine.Jangan mencocokkan roti dalam makanan hidangan utama.

Ketika sup disajikan,perhatikan kekentalan sup.Untuk sup kental,semacam cream soup,anda bisa menyedok dari luar ke dalam.Namun untuk sup encer, seperti Clear Chicken Soup, sebaiknya menyendok dari dalam keluar agar tidak memercik ke baju.Jangan terlalu penuh.Apabila sup dirasa terlalu panas,diamkan sebentar di sendok sup.Jangan meniupnya,karena sup bisa terpercik dan mengenai sekitar anda.

Ketika makanan utama disajikan, biasanya berupa daging atau steik,potong dengan pisau steik yang disediakan.Perkirakan ukuran potong kecil untuk sekali suap.Ketika memasukkan potongan daging steak kemulut, ujung garpu menghadap kebawah.

Jangan menambahkan garam atau lada ke makanan sebelum dicicipi atau dimakan sedikit.Hal tersebut dianggap menghina koki yang memasakkan makanan.Ada beberapa makanan yang punya tata cara sendiri 
1. Artichoke
Makannya bisa langsung dicabut dengan tangan
2. Caviar
Jangan sekali-sekali pakai alat makan yang terbuat dari metal karena bisa merusak rasa caviar itu sendiri. Biasanya disediakan alat yang terbuat dari cangkang kerang mutiara.
3. Tiram (yang sudah dibuka setengah cangkangnya)

Angkat dengan tangan kiri, kemudian ambil tiram dengan garpu tiram dengan tangan kanan.
4. Soup
disendok menjauhi badan biar ga nyiprat ke badan.
5. Risotto
Risottonya diratakan dipiring,Makan dari pinggir ke tengah piring
Jika ragu, dan tidak tahu cara menyantap sebuah hidangan, jangan malu untuk bertanya ke waiter yang menyajikan hidangan tersebut.Misal, cara memecah kulit lobster.Atau minta bantuan waiter untuk melakukannya dengan pelengkapan yang disediakan.
  • Selama Jamuan Berlangsung
Biarkan tuan rumah yang memulai percakapan.Senyumlah dengan santai saat bercakap-cakap.Jangan mengunyah sambil berbicara.Kondisikan gadget anda dalam posisi silent atau getar.Dan tidak diperbolehkan memainkan gadget saat mekan malam.
Apabila hendak ke kamar kecil, ijinlah ke penjamu anda dengan mengucapkan “maaf” atau “sorry” atau “pardon me”.Selesai makan,letakkan sendok garpu di piring dengan posisi lurus.Bisa tertelungkup atau telentang.
Selesai setiap hidangan appetizer, soup, main course, dessert , cutlery (dinner knife, dinner fork, dinner spoon, dessert knife, dessert fork, soup spoon) menghadap arah jarum jam 5.Piring yang telah kosong akan diambil dari sisi kiri anda,agak geserlah ke sisi kiri piring yang telah kosong untuk memudahkan waiter mengambilnya. Mengeser piring ke sisi kiri juga tanda bagi waiter bahwa piring tersebut bisa diambil dari meja.Biarkan remah-remah makanan yang jatuh dimeja dibersihkan oleh waiter.
Jika ada daging yang menyangkut di gigi, jangan mencongkelnya di depan umum.Cobalah dorong dengan ujung lidah anda.Jika tidak berhasil, ijinlah ke penjamu untuk ke restroom atau toilet.Berkumurlah di wastafel atau congkel serpihan daging tersebut dengan tusuk gigi.

Menutup dengan Elegan
Jamuan makan, biasanya ditutup dengan makanan pencuci mulut.Bisa berupa es krim,kue-kue manis atau buah potong.Anda juga bisa memilih secangkir kopi atau teh hangat sebagai penutup.


Apabila anda sebagai tuan rumah jamuan, datanglah 30 menit sebelum acara berlangsung.Dan pastikan semua tertata rapi.Kenali Restaurant Captain yang bertugas melayani meja anda.Jika yang anda jamu dirasa penting, tidak ada salahnya anda meminta Restaurant Manager yang bertugas (On Duty Manager) untuk menemui anda untuk membicarakan kelancaran jamuan santap makan.Ingat, anda adalah tuan rumah yang bertanggungjawab atas tamu-tamu anda.

Jangan panik jika ada gelas atau piring yang jatuh.Biarkan waiter yang bertugas merapikan. Sebaiknya tersenyumlah dan lontarkan gurauan kecil agar tamu anda tidak mendapat malu.Gunakan kalimat bercanda, misal "Bisnis kita pasti lancar, soalnya masalah ikut pecah sama gelas yang jatuh tadi "

Anda harus menunggu semua tamu pulang sebelum melakukan pembayaran.Lebih baik gunakan Kartu Kredit/Kartu Debit agar tidak repot saat membayar.Bill akan diletakkan dalam wallet/dompet yang diantar ke meja anda

Hal-hal lain yang bisa diperhatikan saat diundang Jamuan Makan :
  • Datang tepat waktu.
  • Sampaikan keluhan atau permintaan kepada pelayan dengan sopan.
  • Menjaga etiket sama dengan menjaga privasi
  • Berterus terang diawal kepada penjamu, misal anda alergi seafood tolak dengan halus saat tuan rumah menawari seafood.Demikian juga atas larangan agama anda, anda tidak diperbolehkan menyantap makanan dari hewan tertentu.
  • Jika anda diajak bersulang oleh tuan rumah, lakukan dengan antusias.Jika anda,atas dasar agama atau kepercayaan tidak minum dengan alkohol,lakukan dengan gelas yang berisi minuman bersoda.
    Jangan bersulang dengan air bening/air mineral kepada tamu berkewarganegaraan Jepang.Bersulang dengan air bening, pada perang dunia ke-2 merupakan ritual yang dilakukan oleh pilot kamikaze atau pilot bunuh diri.
  • Jangan bergunjing.
  • Aktiflah bercakap-cakap di meja makan.
  • Jangan mengambil perlengkapan makan yang sudah jatuh kelantai. Selaiknya, minta perlengkapan baru kepada waiter yang bertugas.
  • Ucapkan terima kasih kepada penjamu.
  • Siapkan uang cash untuk tip.







Rijsttafel (dibaca "rèisttafel") merupakan cara penyajian makanan berseri dengan menu dari berbagai daerah di Nusantara yang berkembang dari kolonial Hindia Belanda yang mengadopsi kebiasaan makan menggunakan menu utama dengan nasi. Cara penyajian ini populer di kalangan masyarakat Eropa-Indonesia, namun tetap digemari di Belanda dan dihidupkan lagi di Indonesia pada masa kini.
Rijsttafel pada dasarnya adalah konsep penyajian makanan lengkap ala restoran di Eropa, yang diawali dengan makanan pembuka (appetizer), lalu makanan utama, dan diakhiri dengan makanan penutup. Titik berat ditujukan pada cara penyajian dan kemeriahan. Dalam rijsttafel, makanan yang disajikan bukanlah masakan Eropa melainkan masakan Nusantara, masakan "hibrida" barat dan Nusantara, serta —sebagian kecil— menu Barat. Yang terakhir ini biasanya yang berkaitan dengan menu beralkohol, seperti anggur atau gin.Menu yang disajikan dengan cara ini bervariasi, tergantung selera. Menu standar biasanya melibatkan nasi goreng, rendang, opor ayam, sate (babi), dilengkapi dengan kerupuk dan sambal.



sumber: http://www.kaskus.co.id/thread/511e40900b75b4324e000001/tentang-table-manner--table-food-services--etiket-jamuan-makan/

Jamuan formal terdiri dari beberapa menu
  • Hidangan Pembuka (Appetizer).
  • Sebelum hidangan pembuka disajikan biasanya diatas meja disediakan roti sebagai panganan, Anda bisa makan roti ini dengan tangan. Hidangan pembuka biasanya juga terdiri dari dua macam, Hot Appetizer dan Cold Appetizer.
  • Hot Appetizer biasanya Sup. Aduklah sup itu perlahan, jangan dipangku ditangan Anda, biarkan tetap diatas meja. Jangan sekali-kali meniup sup. Gunakan sendok sup yang sudah disediakan, biasanya lebih kecil.
  • Cold Appetizer bisa berupa salad, ambil garpu di tangan kiri dan pisau di tangan kanan, sekali lagi pilihlah alat makan yang disediakan, biasanya lebih kecil dari alat makan hidangan utama. Janagn ragu-ragu mengelap mulut Anda bila ada sisa makanan disana. Jangan mengelap dengan satu tangan.

Hidangan Utama (Main Course)

Bila hidangan utama sudah tiba, jangan salah kalau Anda sedang diundang jamuan makan ala internasional, umumnya ada dua cara menyantap hidangan utama. Hidangan utama sering berupa daging, steik atau sea food. Bila menggunakan ala Amerika biasanya daging dipotong lebih dahulu baru disantap menggunakan sendok dengan tangan kanan. Cara Eropa lain lagi, biasanya langsung dipotong dengan pisau di tangan kanan lalau memakan dengan garpu di tangan kiri.

Hidangan Penutup (Dessert)

Puas menyantap hidangan utama, saatnya Anda menikmati hidangan penutup. Hidangan penutup umumnya berupa makanan atau minuman dingin, seperti cocktail, ice cream atau jus. Jangan makan hidangan penutup langsung setelah Anda menghabiskan makanan utama. Berilah waktu untuk perut Anda. Setelah dirasa cukup dan hidangan penutup sudah siap, amkaan Anda bisa menyantapnya. 

Bila hidangan penutup Anda berupa minuman yang ada hiasan diatasnya. Makanlah hiasannya atau sisihkan terlebih dahulu. Baru minum isinya.

Tata Cara Makan Table Manner

A. Serbet
B. Piring utama
C. Mangkok sop dan tatakannya
D. Piring roti dan mentega dengan pisau roti
E. Gelas air
F. Anggur putih
G. Anggur merah
H. Garpu ikan
I. Garpu utama
J. Garpu salad
K. Pisau utama
L. Pisau ikan
M. Sendok sop
N. Sendok makanan pencuci mulut dan garpu kue

sumber: http://www.caramakan.com/2014/08/Tata-Cara-Makan-Table-Manner.html
 


10 komentar:

  1. Xixixix, paling ribet kalo makan di resto. Enakan makan di kaki lima. Suka-suka deh. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi... ya boleh aja sih ya suka-suka di resto juga sebenarnya :)

      Hapus
  2. dulu waktu saya SD ada pelajaran table manner begini. Walopun diajarin saat SD, saya masih inget sampe sekarang :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. dan sering lagi ya makan-makan di restonya :)

      Hapus
  3. ngebayangin adegan table manner ini rasanya bakal lebih lama dari adegan makannya *__*

    BalasHapus
  4. Pingin banget makan yang pake ribet kayak dini. Sepertinya pengalaman yang seru :) *kode minta diundang*

    BalasHapus
  5. Waw foto yang paling bawah sedang menatap kamera heihiehiee. Acaranya memang penting juga ini. Table Manner. Biar kita nda malu maluin kalau ada acara khusus atau memenuhi undangan

    BalasHapus
    Balasan
    1. cieee...
      yups, betul banget. biar dapat undangan lagi juga :)

      Hapus

Adbox

@diannafi