Proses Kreatif Penulisan Novel #HPG



 Aku punya sebuah bagan besar. Semacam story board dan mapping dengan tema yang menjadi kegelisahan besarku dalam tahun-tahun terakhir. Siapa sangka sebuah plot dengan banyak sekali karakter itu akhirnya malah terpaksa dipecah dan dikembangkan menjadi banyak plot baru yang melebar dan meluas. Sehingga masing-masingnya menjadi sebuah novel. Yang pada kesempatannya kemudian dipinang oleh beberapa penerbit yang berbeda. Dus, buanyak karakter dalam bagan besar itu akhirnya menemukan rumahnya masing-masing. Subhanallah walhamdulillah.

Ini dia satu di antaranya.

Jadi, ceritanya dulu aku ditelpon salah seorang editor penerbitan. Aku kebetulan menang lomba cerpen di penerbit tersebut. Karena redaksi tertarik dengan gaya berceritaku, mereka berunding dan akhirnya menawariku membuat sebuah novel. Idenya terserah diriku. Jadilah aku mengajukan bagan besar yang kuceritakan tadi. Dan mereka memilih salah satu bagian kecilnya saja untuk kukembangkan. Aku butuh sekitar 1-2bulan untuk menyelesaikan novel ini sesuai dengan plot yang kami sepakati. Risetnya sendiri tidak terlalu susah, karena ada dekat dengan tempat tinggalku. Beberapa hal yang tak kuketahui pasti, kutanyakan ke narasumber yang menjadi inspirasi tokoh utama dalam novel ini.

Melalui proses panjang, akhirnya naskah ini selesai ditulis dan mengalami beberapa revisi. Dan saat ini   sedang dalam taraf editing di penerbit. Doakan semoga semuanya lancar, berkah dan sukses ya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Adbox

@diannafi