PEDE


tips supaya percaya diri

1. Coba pikirkan seseorang yang percaya diri dan mulailah berlaku, berucap dan berjalan seperti dia. Tirulah gaya dan sikap mereka. Hal itu berhasil bagi mereka; pastilah hal ini juga berhasil bagi Anda.

2. Pasanglah senyum Anda lebih banyak di bibir Anda. Hal ini bukan berarti memasang seringai yang nampak konyol di wajah Anda! Tetapi tersenyumlah ketika Anda melangkah ke jalan, ketika Anda bertemu orang dan biasanya akan terasa lebih bahagia meskipun Anda tidak merasa seperti itu.

3. Belajarlah dari masa lalu. Jangan buat diri Anda berkompetisi dengan yang dahulu, semuanya telah berlalu dan tidak akan kembali. Sebaliknya ambillah pelajaran untuk waktu mendatang.

4. Belilah bagi diri Anda baju baru, tatalah rambut Anda, perlakukan diri Anda untuk sesuatu yang baru. Hal ini akan membuat Anda merasa lebih baik dan memberi semangat bagi ego Anda.

5. Siapkah Anda untuk situasi apapun? Cukup siapkah Anda untuk menghadapi tantangan apapun yang dapat muncul? Siapkah Anda untuk meeting itu, presentasi itu, interview pekerjaan itu, ketika bertemu seseorang untuk pertama kalinya? Bila Anda tidak siap, segera persiapkan diri Anda.

6. Mainkanlah hingga sesuai dengan kekuatan Anda. Kenalilah di mana letak keberhasilan Anda dan ekspose diri Anda dalam kesempatan-kesempatan yang ada setiap kali itu muncul -- karena Anda sangat berhasil di dalamnya, maka Anda akan menjadi amat percaya diri.

7. Perbaiki kelemahan Anda. Kenali dan hargai apa saja kelemahan Anda dan taruhlah suatu rencana untuk memperbaikinya.

8. Belajarlah bagaimana berkata tidak kepada orang lain. Jangan takut, tidak ada yang perlu ditakutkan. Cukup perhatikan reaksi di wajah mereka setelah ucapan Anda untuk pertama kali dan tidak perlu Anda tarik lagi.

9. Selalu bersikap positif. Lihatlah lebih pada sisi ”mampu dilakukan” daripada ”tidak mampu dilakukan.” Anda telah menyelesaikan banyak hal dalam hidup dan Anda akan selesaikan lebih banyak lagi di masa mendatang.

10. Kuasailah pikiran-pikiran Anda setiap waktu. Apakah sebuah pemikiran? Hal ini hanyalah sebuah pertanyaan yang Anda tanyakan kepada diri Anda sendiri dan pemikiran adalah jawaban Anda. Bila Anda memikirkan pikiran-pikiran negatif, maka mungkin Anda sedang menanyakan pertanyaan negatif. Gantilah pertanyaan-pertanyaan Anda menjadi lebih positif.

11. Kapan saja Anda merasa pemikiran negatif datang, BERHENTI, BERPIKIRLAH dan ucapkanlah ”Apakah hal ini benar-benar penting di tengah-tengah skema segala sesuatunya?” Kebanyakan tidak. Banyak orang hidup dalam hal-hal yang minor.

12. Apakah engkau membiarkan perkataan orang lain mempengaruhi diri Anda? Keberatankah Anda akan apa yang mereka pikirkan tentang Anda? Ingatlah bahwa tidak ada siapapun dapat membuat Anda berpikir rendah diri tanpa Anda sendiri menciptakannya. Ini bukan apa yang mereka ucapkan kepada Anda yang menjadi masalah tetapi apa yang Anda ucapkan kepada diri Anda sendiri setelah mereka berhenti mengatakan bahwa hal itu adalah masalah. Ubahlah cara berpikir Anda.

13. Daftarkanlah kata-kata yang Anda pakai terus-menerus ketika Anda merasa gagal dan terganggu. Orang menggunakan kata-kata yang berbeda-beda untuk mengatakan hal yang sama dan bergantung kepada intensitas kata tersebut – hal ini dapat mempengaruhi percaya diri Anda. Gantinya berucap “Saya amat marah karena hal ini”, ucapkan “Saya agak terganggu.” Buatlah daftar kata-kata pengganti yang Anda pergunakan. Pastikan ada intensitas yang lebih rendah dan gunakanlah itu. Anda akan terkejut melihat hasilnya nanti.

14. Di akhir dari setiap hari daftarkanlah keberhasilan dan kesuksesan Anda sepanjang hari itu.

15. Hargailah hal-hal yang harus Anda syukuri dalam hidup Anda sekarang juga. Siapakah yang Anda kasihi? Siapakan yang mengasihi Anda? Siapakah yang Anda tolong?

16. Di setiap pagi hari saat Anda mandi mainkanlah dalam kepala Anda event-event hari itu seakan-akan sudah terjadi dan semuanya sukses. Visualisasikan semua meeting yang Anda miliki, orang-orang yang Anda ajak bicara, dan hasil-hasil yang akan terjadi. Bayangkanlah kesuksesan dan keyakinan diri dan akan jadi sesuai dengan yang Anda bayangkan.

17. Perbaiki bahasa tubuh Anda. Cara Anda menggerakkan tubuh Anda memiliki pengaruh yang amat besar kepada tingkat percaya diri Anda. Gerakkanlah tubuh Anda dengan semangat dan berjalanlah dengan kepala tegak, bahu terangkat seakan-akan Anda akan pergi ke suatu tempat yang amat penting. Merasa kurang percaya diri? Ubahlah bahasa tubuh Anda.

18. Emosi diciptakan oleh emosi. Sama seperti ada di usia 17 tahun, pastikan Anda bergerak kesana kemari dengan mudah dan konsisten. Hal ini menciptakan energi dan membuat darah Anda dipompakan ke seluruh tubuh Anda -- hal ini akan membuat Anda merasa lebih baik dan lebih percaya diri.

19. Belajarlah untuk membanggakan diri Anda sendiri. Ya, engkau mendengar perkataan saya! Perkatakan tentang pencapaian dan kesuksesan Anda lebih dari diri Anda saat ini.

20. Dan akhirnya – Anda hanya hidup satu kali, jadi kapan saja Anda merasa down cukup tanyakan kepada diri Anda dalam jangka waktu 10 atau 20 tahun -- akankah yang saya sedang kuatirkan sekarang benar-benar penting?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Adbox

@diannafi