SOULMATE

Soulmate

Secara otomatis dalam benak akan terlintas kata ‘cinta’. The never ending story .. begitulah kata sederhana untuk menggambarkan dimensi cinta ‘love dimension’ that affect to us.
Semenjak dari penciptaan Adam manusia pertama yang merasa kurang enjoy di surga karena merasa ‘alone and no one with him’. Dia bermunajat untuk dicipatakan ‘some one who know, someone who always with him, and someone who loves him’. Bergulirlah rantai – rantai cupid di muka bumi ini. Tanpa siti hawa tak akan turun Adam ke bumi ini, menyusuri dari Hindustan menuju Jeddah untuk menemui Hawa.
(at Tafsir Munir Li Ma’alimit Tanzil Dar El Fikr Vol I Hal 12)
Padahal kata ahli sejarah (arkeolog) bumi pada waktu itu hanya dihuni makhluk macam T-Rex, Raptor , burung pteorodon….etc.
Whatever lah kata mereka, yang jelas para ahli tafsir sudah sepakat jika Nabi Adam bersua kembali dengan Siti Hawa di padang Arafah , tepatnya tanggal 9 arafah yang sampai sekarang peristiwa monumental itu diabadikan dalam satu bentuk ritual yaitu “wukuf”…………
Dan yang menarik itu semua terjadi karena satu kata yaitu “cinta”……….

Tanpa cinta, Nabi Yusuf as tak akan mungkin jadi menteri pangan dan kemakmuran social di Mesir . …….kok ???????
Ya iya lah, orang awalnya Nabi Yusuf terkena “hot gossip” dengan siti Zulaikha sehingga beliau dipenjara dan raja mengetahui bakat “ clairvoyerces” yang terpendam dalam diri beliau
(Tafsir Al Maraghi Dar El Fikr Vol. II Hal 138 -144)

Tanpa cinta tak akan ada epos “ Rama Sinta”, “Romeo Juliet”, “Cleopatra” sampai yang terakhir baru – baru ini bisa melupakan SBY dari rencana kenaikan BBM, film AAC (Ayat – ayat Cinta) yang disadur dari Novel karya Habiburrahman El Shirozy ……ups sorry pak SBY ya.


SEcara garis besar dasar dari “soulmate” and cinta dapat dibagi menjadi dua garis besar:
Cinta Ghoiru Mukallaf (“Unrespectable Moslem”)
Soulmate dalam cinta semacam ini biasanya hanyalah beberapa hal yang gak penting gitu loch.. contoh sederhana anak kecil yang sangat mengidolakan seorang Uzumaki Naruto alam kehidupannya, maka soulmate dalam skala hidupnya pada saat itu adalah ang bocah srigala “Uzumaki Naruto”.
Coba piker, gak penting banget khan…………





Cinta Mukalallaf (“Respectable Moslem”)
Dalam hal ini bisa terbagi menjadi dua kategori

Unconditional Love
Cinta yang hanya berdasarkan feeling hati tanpa didasarkan fakta dan realita kehidupan sehari – hari. Seperti Rama Sinta yang kata orang “eternal flame of love” . maka soulmate Rama adalah Sinta dan demikian pula sebaliknya.

Conditional Love
Cinta yang berdasarkan fakta, realita dan knowledge yang memadai dari seorang pecinta. Dalam kasus ini Soulmate sangat variable tergantung pada intelegensi, emosi individu masing – masing…
Sebagai contoh seseorang bisa mengidolakan Adolf Hitler dedengkot Nazi yang terkenal dengan politik “lebensraum”nya………

Di lain sisi seseorang yang sudah wushul (take to the highest place) ,bagi dia gak ada soulmate kecuali sang Khaliq yaitu Allah swt………..
WONDERFUL !!!!

Yang jelas sepantasnya soulmate diberikankepada seseorang yang benar- benar mengasihi dan menyayangi kita sepenuh hati semisal Orang tua, para Nabi, sahabat dan tentunya ALLAH SWT…
Let’s find our Soulmate
Reach the highest level of Love !!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Adbox

@diannafi