Cara Dian Nafi Menjaga Mental Health

Cara Dian Nafi Menjaga Mental Health

dian nafi

Apa yang sedang viral dan menjadi trending topik hari ini? Yups betul banget, tulisan ini nih: Happy  World Mental Health Day. So.......

Happy  World Mental Health Day!

Apa kabar kesehatan jiwamu hari ini, teman?

Semoga semuanya dalam keadaan sehat jiwa raga ya. Aamiin. 

Nah, bagaimana pula cara teman-teman untuk bisa menjaga kesehatan mental?

Kalau boleh sharing, berikut ini beberapa caraku menjaga kesehatan mental. 

Cekidooott...

  • Istirahat dan tidur kalau sudah merasa lelah, exhausted dan burn out.  Oleh karena itu secara rutin dan disiplin, sejak beberapa tahun terakhir ini, aku mapan bobok alias pergi tidur setelah sholat isya. Kadang siang hari kalau berasa stress dan pusing  karena mengerjakan sesuatu yang lumayan berat, aku justru meletakkan punggungku. Entah itu di atas tempat tidur atau hanya di atas karpet depan laptop tempatku bekerja. Yang penting, pause dulu deh. Biar nanti segar lagi ketika bangun tidur. 

  • Jalan-jalan, travel, refreshing secara berkala untuk mengembalikan kesegaran dan kewarasan kembali. Makanya kalau ada undangan mengisi pelatihan, workshop, kelas menulis dari kampus atau komunitas atau pesantren dari luar kota, aku malah senang sekali. Karena itu menjadi kesempatanku untuk traveling dan jalan-jalan gratis. Plus berarti menjadi obat bagi kesuntukan karena pekerjaan. Menjadi wadah healing dan sarana untuk tetap menjaga mental health, alias kewarasan kesehatan jiwa. Alhamdulillah. 

  • Bagaimana dengan situasi media sosial yang kadang bikin iri atau anxiety bagi sebagian orang? Kalau aku sih sementara ini tidak ambil pusing kalau postingan di media sosial tidak viral. Karena menjadi viral ternyata tidak mudah. Konon katanya juga ada unsur untung-untungan. Sehingga konten receh kalau beruntung juga bisa viral. Lha wong konten youtube EndGame pak Gita Wirjawan yang berkualitas saja kalah viral ama konten-konten youtuber yang isinya embuh banget hehe. 

  • Berdoa, sholat, wiridan dan berbagai kebiasaan spiritual lain yang diajarkan orang tua serta guru-guruku juga menjadi cara untuk menjaga kesehatan mental. Saat sudah berusaha optimal mengerjakan banyak hal, namun kadangkala menerima hasil tidak seperti yang diharapkan. Kembalikan semuanya kepada Sang Maha Pemilik Skenario. Memohon hal terbaik versiNya.
Demikian beberapa kiatku menjaga kesehatan mental. Apa kiat-kiatmu?





Posting Komentar

0 Komentar