Kota Yang Ingin Dikunjungi Writravelicious

Kota Yang Ingin Dikunjungi Writravelicious



Alhamdulillah, writravellicious sudah pernah ke:

Kudus
Jepara
Semarang
Ungaran
Salatiga
Ambarawa
Boyolali
Klaten 
Solo
Jogja
Wonogiri
Batang
Demak
Pekalongan
Jakarta
Bekasi
Bandung
Tangerang
Bogor
Purwodadi
Lamongan
Surabaya
Madura 
Denpasar
Ubud
Lombok
Medan
Batam
Singapura
Jeddah 
Mekkah
Medinah
Blitar 
Kediri
Tuban 
Banyuwangi
Malang
Batu
Jombang
Mojokerto

Wow, lumayan ya, ada 40 kota :)


Kalau ditanya ama mara dan erina, pengen ke kota mana lagi di Indonesia,  ya jawabannya buanyak banget. Ini beberapa di antaranya yang paling pengeeeen.


1.  Aceh

Nanggroe Atjeh Darusalam yang terkenal sebagai  Serambi Mekah ini kini sudah menjadi daerah yang bersyariah, alias banyak sekali menggunakan syariah untuk kehdiupan masyarakatnya yang aslinya ramah. Sehingga Aceh kini makin kental dengan nuansa islami. Adikku dan keluarganya pernah tinggal di Aceh saat bertugas di sana beberapa tahun. Katanya udaranya tidak terlalu panas, dan banyak sekali pemandangan alam yang bagus-bagus. Sayangnya aku belum sempat mengunjungi mereka di Aceh, eh sudah pindah duluan. Hehe. 

Kalau misal beneran sampai Aceh, aku pengen mengunjungi beberapa tempat ini. 




ikon Aceh.ini dibangun oleh Sultan Iskandar Muda pada tahun 1612  Bangunan utama masjid berwarna putih dengan kubah hitam besar dikelilingi oleh tujuh menara. Kesan megah semakin terasa dengan adanya kolam besar dan pancuran air di bagian depan masjid yang mengingatkan pada Taj Mahal di India.
Masjid Baiturrohman, tempat wisata religi di Aceh yang banyak dikunjungi karena keindahannya. Situs Huffington Post memasukkan Masjid Raya Baiturrahman ke dalam daftar 100 masjid terindah di dunia. 

Air Terjun Blang Kolam terletak di Desa Sidomulyo, Aceh Utara dan bisa ditempuh dalam waktu 30 menit dari Lhokseumawe. air terjun kembar setinggi 75 meter ini dikelilingi oleh pepohonan rindang.



Pantai Lampuuk,  disebut juga sebagai Pantai Kuta di Aceh memiliki garis pantai sepanjang 5 km dari selatan ke utara dengan pasir putih lembut dan tebing karang di ujung pantai. kita bisa berselancar, berjemur, berenang dan juga bermain banana boat.

Pantai Lhoknga berada tak jauh dari Pantai Lampuuk. Tempat wisata ini berjarak sekitar 20 km dari Banda Aceh. 

Museum tsunami yang  dibangun sebagai pusat pendidikan dan tempat perlindungan jika tsunami datang kembali. Museum buka setiap hari kecuali hari Jumat mulai 10:00 sampai 17:00.
 Kalian ada usul tempat lainnya?
2. Palembang

Kalau Palembang ini mengingatkanku pada sahabat penaku, cewek kelahiran Palembang. Dari duluuu banget, ingin ke Palembang. Tapi belum pernah kesampaian. 

Kalau nanti beneran sampai Palembang, aku ingin mengunjungi ini nih...



Jembatan Ampera  panjang 1.177 meter dan lebar 22 meter dulu dinamakan Jembatan Bung Karno. Namun diganti menjadi Jembatan Ampera, Amanat penderitaan Rakyat (slogan bangsa Indonesia tahun 1960-an).
Sungai Musi, terpanjang di Sumatera membelah Palembang menjadi dua bagian. Dulunya Sungai Musi adalah sarana transportasi utama. Di tepiannya, terdapat beberapa obyek wisata,  Restoran Terapung, Benteng Kuto Besak, Kampung Arab, dan lain-lain.


Bukit Siguntang,  tinggi kurang lebih 30 meter dari permukaan laut dan terletak sekitar 3 km dari Sungai Musi bagian utara. Ketika masa Kerajaan Sriwijaya, Bukit Siguntang dikenal sebagai tempat beribadah untuk umat Buddha.

Masjid Cheng Ho dibangun untuk menjaga hubungan baik antara warga Palembang dan warga Tionghoa, untuk memperdalam agama Islam dan memperkenalkannya kepada masyarakat.  Cheng Ho adalah panglima angkatan laut asal Tiongkok.


terletak di tengah Sungai Musi, di Pulau Kemaro ada sebuah kelenteng yang sering didatangi oleh umat Buddha untuk sembahyang dan berziarah.Ada makam seorang Putri Palembang yang menikah dengan pangeran dari China. Sang pangeran yang tenggelam terlebih dahulu ke sungai, akhirnya disusul oleh sang putri. di Pulau Kemaro juga terdapat pagoda dengan sembilan lantai yang baru dibangun tahun 2006, juga pohon cinta. Katanya, jika kita mengukir nama dengan kekasih di pohon tersebut, hubungan   bakal berlanjut di pelaminan. Aaaaarghhh...



Benteng yang berlokasi persis di tepi Sungai Musi ini sudah berumur ratusan tahun.



Masjid Agung ini didirikan oleh Sultan Mahmud Badaruddin I Dipengaruhi oleh tiga kebudayaan, yaitu Indonesia, Eropa, dan China.



Awalnya Taman Kambang Iwak dibangun untuk para keturunan Belanda sebagai tempat olahraga. Taman Kambang Iwak juga memiliki danau di bagian tengahnya yang berfungsi sebagai penghias taman, juga untuk menampung air hujan, sehingga bisa menangkal banjir. 

gunung Dempo yang memiliki ketinggian kurang lebih 3.159 mdpl menyajikan pemandangan yang sangat indah dengan kebun teh berhektar-hektar. Uniknya, kawahnya bisa berubah warna sewaktu-waktu, kadang putih, biru, atau hijau. 

Taman Hutan Wisata Punti Kayu yang merupakan satu-satunya hutan wisata di Palembang. Dengan luas sekitar 50 ha.


kampung Kapitan merupakan salah satu kawasan yang bernilai sejarah tinggi. Karena, kampung ini merupakan tempat pertama kalinya warga Tionghoa menetap di Palembang saat kota tersebut masih dalam jajahan Belanda.

Dengan ketinggian 30 meter, keindahan Air Terjun Bidadari mampu menghipnotis para wisawatan. Di tepinya ditumbuhi pohon-pohon rindang yang membentuk sebuah goa, sehingga membuat suasananya makin teduh, apalagi banyak burung dan kupu-kupu beterbangan di sana. Akar pepohonan di sana menggantung di tepi sungai dengan indahnya. Selain pohon mahoni, tumbuh juga pohon bambu..



KOta-kota berikutnya yang juga ingin aku kunjungi adalah:

3. Lampung

Dulu adikku dan keluarganya pernah tinggal di Lampung, tapi aku belum sempat mengunjungi. Hiks,

4. Pontianak

Karena sudah sering mendengar tentang kota ini dan penasaran sekali,

5. Cirebon

Karena penasaran dengan keraton Kasepuhannya

6. Makasar

Karena ada Makasar International Writer Festival.



Kalau kamu, kota mana di Indonesia yang ingin kamu kunjungi?




7 komentar:

  1. Wah aq baru tau nama pantai lampuk mbk,indah ya. Wah makassar no. 6 klo aq mksar itu ada d nmer 2 (tp cm Buat transit) wkkkkk

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe pengen ke Makasar buat transit tuh mau ke mana?

      Hapus
  2. Aku pengen balik lagi ke Karimunjawa mbak. Sekalian silaturahim sama orang2 sana. KKN 7 minggu buat hubungan baik. Pengennya jgn sampai putus. Kebetulan ada yg masih suka berkunjung ke rumah. Gantian nanti ke sana barengan sama keluarga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. whoaaa....aku juga pengen ke karimunjawa

      Hapus
  3. benteng yang di sungai musi itu cakep banget ya mbak

    BalasHapus
  4. Waah...aku juga ingin ke Serambi Mekah..

    BalasHapus