Agrowisata Sebagai Unggulan Desa



 Agrowisata Sebagai Unggulan Desa





Bisa dijangkau dalam lima belas menit dari pusat Kota Demak, Desa Tempuran ini sebelah utaranya berbatasan dengan Turirejo, sebelah selatannya berbatasan dengan Betokan, sebelah baratnya berbatasan dengan Singorejo dan Wonosari, sebelah timurnya berbatasan dengan Cabean.
Terkenal sebagai penghasil buah Jambu dan Belimbing khas Demak, Tempuran mengembangkan beberapa kebunnya menjadi destinasi agrowisata. Lebatnya rumpun dedaunan, rapinya pohon Jambu dan Belimbing yang berbaris di kebun-kebun menjadi pemandangan yang menyegarkan. Tidak saja memasok kebutuhan oleh-oleh lokal Demak, tetapi buahnya pun dikirim ke berbagai kota di Indonesia.  



Keberhasilan mengelola sumber daya alam ini tak lepas dari kegigihan, keuletan, ketekunan para petani yang kemudian berhimpun dalam Gabungan Kelompok Tani. Mereka mendapatkan  bantuan bibit, pompa dan traktor dan  penyuluhan tiap 3 bulan sekali.
Geliat perekonomian  selain sentra Jambu Belimbing antara lain home industri IKM produksi makaroni, roti basah dan telur asin. Ada beberapa pengusaha produk snack di desa Tempuran yang banyak menyuplai kebutuhan daerah-daerah lain juga.
Menyambut slogan Satu Sampah Sejuta Masalah, maka sejak 2017 dicanangkan Gerakan Tempuran Bersih. Kendaraan sampah, pemotong rumput, gergaji mesin menjadi senjata para petugas yang berpiket.
Menjaga kebersihan sebagai upaya menjaga kesehatan, berdampingan dengan upaya-upaya kesehatan lainnya. Ada poliklinik desa, bidan desa, kader kesehatan, SKD, PHBS. Juga posyandu, poslansia dan pos ibu hamil yang dimotori oleh Pokja PKK. Arisan sebulan sekali menjadi ajang pertemuan para perempuan, menghimpun persatuan, kekuatan dan energi untuk bersama memajukan desanya.
Relijiusitas Desa Tempuran yang seluruh penduduknya muslim ini, bukan saja tampak pada banyaknya pengajian (Manaqib, Rothib, Maulidurrasul, Istoghosah, Thoriqoh, Tahtiman Quran) tetapi juga dengan hadirnya dua pesantren di sini. Menambah semarak aktifitas pendidikan juga. Karena di Desa Tempuran terdapat  2 SD, 1 TK, 3 PAUD, 1 PosPAUD, 4 TPQ dan Madrasah Diniyah. Sebuah perpustakaan desa milik PKK juga menjadi perbendaharaan desa ini.
Demi pemberdayaan masyarakat, beberapa bantuan pun disalurkan melalui tranparansi pengelolaan desa. Ada bantuan operasional PAUD, PosPAUD, TK, bantuan masyarakat miskin, insentif untuk Madrasah Diniyah dan pengadaan fasilitas olah raga.
Pengadaan internet, web desa dan Sistem Informasi Desa menjadi bagian penting dalam upaya Desa Tempuran untuk terus berkembang seiring kemajuan jaman dan banyaknya tantangan di masa depan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Adbox

@diannafi