Writravelicious Go To Masjid Kubah Emas Depok

Writravelicious Go To Masjid Kubah Emas Depok





Sudah lama banget sebenarnya aku ingin pergi ke Masjid Kubah Emas Depok ini. Beberapa kali ke Depok dalam rangka kunjungan kerja maupun dolan, tapi memang belum sempat mampir ke sini.  Eh alhamdulillah akhirnya November kemarin kesampaian juga deh. 





Masjid Dian Mahri ini sudah terkenal sejak belasan tahun lalu deh kayaknya. Sehingga mungkin karena sudah cukup lama usianya juga, pas aku ke sana beberapa warna bangunannya sudah agak kusam. Meskipun aku yakin pasti pemiliknya sudah mengupayakan sedemikian rupa untuk maintenance bangunan-bangunan maupun kawasannya. 



Ternyata aku datang agak kesiangan hari itu, menurut ukuran Dian Mahri, sebab mereka menutup kawasan jam tujuh pagi untuk pembersihan-pembersihan dan buka lagi siang sebelum dhuhur.
Padahal aku sebenarnya sudah siap sejak sebelum subuh, tapi berhubung tidak tahu ada aturan semacam itu jadi ya tidak bergegas berangkat. Untunglah aku masih punya sedikit waktu untuk berkeliling dan menikmati arsitektur masjidnya yang ciamik.




Lorong-lorongnya mengingatkanku pada foto-foto Alhambra Spanyol, juga tiang-tiang di masjid Nabawi Madinah serta masjidil Haram Makkah. 


Seluruh taman dan pepohonannya ditanam, ditata dengan baik serta dirawat. Tak terbayang berapa biaya yang dibutuhkan untuk membangun dan merawat semua ini. Menurut temanku, tanah-tanah yang dibeli si pemilik Masjid Dian Mahri dari para penduduk setempat dihargai dengan sangat tinggi. Dan pengerjaan pembangunan seluruh kompleks kawasan masjid ini dilakukan dengan diam-diam. Barulah ketika sudah siap launching, masyarakat baru tahu keberadaannya. Keren ya.




 Pas aku sampai di bagian timur masjid, whoaaaa, rasanya ingin nangis. Karena seperti berada di plaza masjid di Kairo Mesir seperti yang pernah kulihat dari foto-foto adikku yang pernah kuliah di Al Azhar selama empat tahun.

Ya Allah, semoga kapan-kapan Engkau perkenan aku sampai ke Mesir juga, serta Turki dan Spanyol, Madinah dan Mekkah lagi. Aamiin aamiin..


Di sisi utara masjid, terdapat rumah yang sangat buesaaaar sekali, yang kemungkinan adalah kediaman sang pemilik masjid Kubah Emas Depok ini. Halamannya juga luaaaaas buangeeet. 

Secara keseluruhan kawasan masjid memang luas buangeet. Taman-taman dan kebun-kebunnya lebih luas lagi. Jadi sempat kepikiran eh si pemilik masjid Dian Mahri ini kok gak ingin bikin pesantren di sini ya? 








0 komentar:

Posting Komentar