Cara Menggunakan Kamera DSLR dengan Teknik yang Tepat



Cara Menggunakan Kamera DSLR dengan Teknik yang Tepat



Saat ini semakin banyak orang yang menyukai dunia fotografi. Mereka tetap memilih kamera DSLR untuk memotret meskipun pada zaman sekarang ini berbagai macam merk ponsel memiliki fitur canggih yang dapat menghasilkan foto terbaik dan aplikasi editing foto juga sangat banyak. Namun kedua hal tersebut tidak mempengaruhi pecinta dunia fotografi untuk mempelajari cara menggunakan kamera DSLR dengan teknik yang tepat.

Bagi pemula, mempelajari cara menggunakan kamera DSLR dengan teknik yang tepat mungkin akan sedikit kesulitan karena kamera DSLR memiliki banyak sekali bagian dan tombol yang fungsinya harus dipahami dengan baik. Selain itu, kamera DSLR juga memiliki settingan yang sangat banyak jadi wajar saja jika para pemula akan bingung saat menggunakan kamera DSLR.

Tapi pemula tidak perlu khawatir dengan semua fungsi bagian kamera, tombol, atau setting yang sangat membingungkan karena hal tersebut tidak perlu dikuasai dalam sekali waktu. Dengan giat berlatih, semua itu akan bisa dikuasai dan cara menggunakan kamera DSLR dengan teknik yang tepat akan dimiliki dengan sendirinya.

Cara Menggunakan Kamera DSLR dengan Teknik yang Tepat

Saat belajar cara menggunakan kamera DSLR, ada beberapa poin yang harus diperhatikan, diantaranya:

· Memperhatikan cara memegang kamera DSLR

Memegang kamera menjadi cara menggunakan kamera DSLR yang paling utama. Cara memegang kamera DSLR yang benar adalah tangan kanan memegang body kamera dengan jari telunjuk yang siap untuk memencet tombol shutter dan tangan kiri menopang kamera dari bawah. Cara ini memiliki banyak keuntungan karena dapat memotret dengan kamera yang lebih stabil dan bebas goncangan.

· Menentukan fungsi lensa dengan tepat

Cara menggunakan kamera DSLR yang tepat berikutnya adalah dapat menentukan lensa yang tepat saat akan memotret karena kamera DSLR dapat mengganti lensa sesuai dengan kebutuhan.

· Mengunci titik fokus lensa

Menetapkan fokus objek menjadi cara menggunakan kamera DSLR dengan tepat yang selanjutnya. Sesuaikan fokus objek dengan latar belakang terlebih dulu agar bisa mendapatkan hasil foto yang baik. Saat menggunakan pengaturan fokus secara manual, focal lenght bisa disesuaikan agar dapat menangkap komposisi gambar dengan latar belakang blur sehingga hasil foto akan bagus.

· Menggunakan auto focus

Gunakan auto focus, karena jika menggunakan mode manual saat belum menguasai kamera DSLR maka hasil foto bisa salah fokus atau bahkan menjadi blur. Dengan menggunakan auto focus maka fokus objek foto akan terkunci secara otomatis.

· Mengurangi penggunaan flash kamera

Adanya cahaya yang natural akan menjadi sumber terbaik untuk foto karena foto akan mendapatkan warna yang alami dan objek foto akan muncul dengan kontras warna yang cerah. Hal tersebut juga berlaku untuk memotret saat malam hari. Untuk mendapatkan hasil foto dengan kualitas warna yang lebih natural, kurangi penggunaan flash.

· Menggunakan pengaturan auto mode

Cara menggunakan kamera kamera DSLR dengan pengaturan mode auto menjadi cara yang paling baik karena kamera DSLR akan melakukan setting secara otomatis dan settingan penting seperti Apperture, Eksposur, dan ISO akan melakukan pangaturan sesuai dengan kondisi objek foto.

Dengan terus giat berlatih dan tetap mengingat teknik yang sudah dilakukan, belajar fotografi akan menjadi menyenangkan dan bisa menguasai ilmu fotografi dengan cepat. Itulah sedikit ulasan tentang cara menggunakan kamera DSLR dengan teknik yang tepat. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. 

0 komentar:

Posting Komentar