Bersama Boci Menjelajah Dunia



Bersama Boci Menjelajah Dunia


Aku selalu kagum pada orang-orang yang pandai membuat berbagai program game juga aplikasi. Wow! Betapa hebatnya mereka. Karena tak saja menguasai teknologi, tetapi juga pastinya sudah menjalankan riset sangat panjang untuk sampai kepada perencanaan, perancangan serta pengembangan suatu aplikasi yang sesuai dengan penggunanya.

Demikian pula kesan yang kudapat saat melihat apa yang sudah dilakukan oleh developernya  Petualangan Boci. Rolling Glory, Creative Digital Media Studio yang berlokasi di Bandunglah yang membuatnya.  Aplikasi  ini bisa kita download di  Android kita . Kelihatan sekali kalau mereka memahami psikologi dan basis edukasi untuk anak usia 2-6 tahun.  

Kebetulan aku merintis dua PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini). Satu di Semarang dan satu lagi di Demak, dikelola bareng dengan saudara-saudara. Bermain sambil belajar, atau belajar sambil bermain adalah cara yang tepat bagi anak-anak usia PAUD ini. 


Warna, angka, huruf diperkenalkan lewat games, cerita dan penjelajahan yang dirancang menarik dan menyenangkan. Oh ya, terdapat  tujuh karakter dalam aplikasi ini. Mereka adalah Boci si Bunglon, Kato si Burung Kakak Tua, Kucing Misterius, Ibu Botchi, Bapak Botchi, Pak Belalang, dan Pak Walang Sangit.


Boci itu rupanya bunglon cilik. Ahay. Rasa ingin tahunya sangat besar, dan bersama sahabatnya si Kakak Tua menjelajah dan terus mencari tahu banyak hal. 



Karenanya mereka jalan-jalan ke pasar malam, juga banyak tempat lainnya. Segala hal yang berkaitan dengan perjalanan dan penjelajahan mereka itu dimuati dengan pelajaran-pelajaran tentang alfabet alias huruf, warna, angka dan seterusnya. Hal-hal yang penting dalam pendidikan dasar bagi anak-anak seusia 2-6 tahun.



Aplikasi game yang dirancang untuk pembelajaran ini pas banget di jaman sekarang di mana anak-anak yang masih kecil sekalipun sudah keranjingan gadget. Kayak keponakanku yang tiga tahun umurnya itu, dia tak bisa lepas dari gadget.  Game favoritnya adalah balap mobil. Kadang-kadang dia juga suka pencet-pencet saja di aplikasi yang menampilkan gambar dan suara binatang-binatang. Kalau gadgetnya diminta, dia kadang marah-marah atau menangis. Duh, sedih deh melihatnya.


Aplikasi petualangan Boci ini bisa membawa kegemarannya main gadget itu jadi tersalurkan lebih baik karena ada muatan pembelajarannya.



Nah, dari ilustrasi gambar/foto berikut, kita jadi tahu pelajaran  serta permainan apa saja yang bisa dipilih dan  dicoba.

Ada taman bermain dan pasar malam. Belajar menulis bersama Boci. Ada Boci play: berhitung, atau petak umpet, bermain titik, alphabet dan tebak warna. Bosan yang ini, bisa main yang itu. Dan seterusnya. 

Dengan petualangan yang memancing rasa ingin tahu, dan mengajak anak-anak menaklukkan berbagai tantangan dalam penjelajahannya, akan menjadi dasar baginya untuk menjelajah yang lebih luas lagi. Menjelajahi dunia. 



Untuk yang ingin mengunduh aplikasi Petualangan Boci ke  Android: gunakan link ini
Untuk ioS: pakai link ini ya. Selamat mengunduh! :)

16 komentar:

  1. Andai kita bisa membuat aplikasi kaya gitu, bisa kaya ya hahaha...
    kaya ilmu maksudnya, karena setiap ilmu pengajaran, bisa kita terapkan dengan cara yang disukai anak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, betul bangets. anak-anak sekarang nih kayaknya yang sudah padha bisa belajar coding dan bikin program-program aplikasi dll :)

      Hapus
  2. Aplikasi Petualangan Boci ini bagus banget sih menurut aku. Angkat dua jempol ke atas buat yang bikin ��

    Ilustrasinya menarik dan permainannya juga mendidik,jadi anak-anak nggak sadar kalau saat bermain mereka juga sedang belajar :)

    BalasHapus
  3. Permainan yang sangat edukatif dan aman buat si kecil nih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah, itu kata kuncinya, edukatif dan aman :)

      Hapus
  4. iya bagus banget tampilannya.. aku malah iri sama mereka yg bisa desain permainan serapih itu...

    BalasHapus
  5. anak-anak saya juga seneng banget nih ama games edukasinya :d malahan si kecil (4 th) getol donlot sendiri aplikasi Boci di playstore ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. canggih nih si kecil, salam ya buat dia :)

      Hapus
  6. nunggu anak ane gede baru bisa main ini game, baru satu setengah tahun,hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah, bisa jadi nanti sudah makin berkembang tuh aplikasinya

      Hapus
  7. Bagus permainannya. Sudah pernah coba dan anakku suka.

    BalasHapus
  8. Boci memang teman bermain yang asyik buat anak, bikin pinter pulaaa :)

    BalasHapus

Adbox

@diannafi