Proses Kreatif Penulisan Novel H

Proses Kreatif Penulisan Novel H


Terguncang oleh sebuah kejadian yang membuat sedikit gempar lingkungan terdekat, saya jadi terinspirasi untuk menuliskannya. Dalam rangka memotret, mengamati, mengkritik, juga mencari tahu apa yang keliru dan kemungkinan-kemungkinan perbaikannya.

Penulisannya lumayan cepat karena bahan-bahannya ada di sekitar, sebagian sudah mengendap lama dalam pikiran saya. Sehingga seperti yang banyak mentor/guru sampaikan, kehamilan karya itu tinggal menunggu lahirannya saja. Atau kalau kata Ray Bradburry yang menulis Fahrenheit 541, kisah itu menuliskan dan menyelesaikan dirinya sendiri.

Semuanya mengalir setelah saya membuat plotnya dan di beberapa bagian saya dikejutkan oleh twist-nya sendiri yang tercipta karena saya membiarkan karakternya bermain, berbicara dan menentukan sendiri lakon dan perjalanannya.

Alhamdulillah sebuah penerbit menerima naskah ini dan insya Allah sedang dalam penggodokan. Doakan prosesnya lancar hingga segera sampai ke tangan teman-teman pembaca sekalian.

Bercerita tentang benturan tradisi lama yang berbenturan dengan jiwa pemberontakan yang menginginkan gaya baru, semoga cerita ini menginspirasi.




2 komentar:

Adbox

@diannafi