Proses Kreatif Penulisan Novel #S

Proses Kreatif Penulisan Novel #S

Novel #S ini juga merupakan bagian/cabang/ranting dari bagan besar yang kuceritakan dalam postingan-postingan di blog ini sebelumnya.

Bisa dikatakan bahwa novel #B dan #MM di P, novel #G di KL, novel #HPG di BP, novel  #MHMH di TS,  #FFR di VM, novel #T serta novel #S dan beberapa novel yang saat ini masih dalam proses adalah serial atau series. Berbasis akar yang kuat di pesantren, bercerita tentang tantangan-tantangan di dalamnya, tentang riuh rendah kepentingan dan tarik menarik dunia salaf dengan gesekan modernitas. Ada banyak tema di sana, yang berserakan di masing-masing seri-nya (kalau bisa kita katakan demikian)

#B tentang kompromi , #MM  tentang kemuliaan, #G tentang kecemburuan, #HPG tentang harapan, #MHMH tentang passion, #FFR tentang perjuangan dan perlawanan, #T tentang persaingan, dan #S ini tentang dendam dan pemaafan.

Novel #S sendiri kukembangkan dari sebuah cerpenku yang menjadi pemenang dalam lomba cerpen LMCR Rohto 2013 yang lalu. Setiap bertemu dan melihat sepupuku yang menjadi bahan inspirasi kisah ini, selalu saja air mataku meleleh, dalam artian sesungguhnya ataupun dalam bentuk lelehan yang kupendam dalam hati.

Tulisan dan curahanku dalam novel #S ini adalah sebuah cara untuk memahami takdir, memahami diri dan pendalamannya, juga sebuah cara menuliskan doa dan harapanku padanya yang tak bisa kuungkapkan langsung karena berbagai hal dan pertimbangan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Adbox

@diannafi